Telinga Sering Berdengung? Mungkin ini Penyebabnya

Telinga Sering Berdengung? Mungkin ini Penyebabnya

Penyebab utama telinga berdengung berkaitan dengan gangguan pendengaran akibat suara bising atau noice-induced hearing loss--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Telinga berdengung atau dalam istilah medis disebut tinnitus, merupakan suatu kondisi dimana Telinga mengeluarkan suara-suara abnormal yang terdengar seperti dengungan, siulan, atau bising mesin. Suara bisa didengar oleh salah satu atau kedua bagian Telinga.

BACA JUGA:Kode Transfer BRI Ke Tokopedia, Saat Lakukan Pembayaran Via BRI Virtual Account

Pada dasarnya, telinga berdengung menjadi salah satu tanda dan gejala dari infeksi, sumbatan, serta kondisi medis lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1. Paparan Suara yang Terlalu Kencang

Penyebab utama telinga berdengung berkaitan dengan gangguan pendengaran akibat suara bising atau noice-induced hearing loss. Sebab, Paparan suara yang terlalu keras secara terus menerus akan merusak organ dalam telinga yakni koklea. 

 BACA JUGA:Penetapan Tsk Kasus Dugaan Korupsi BTT Seluma Tunggu Hasil KN

Para ahli menyebutkan bahwa kebiasaan mendengarkan musik dengan earphone terlalu lama menjadi salah satupemicu masalah ini. Nah, untuk mencegah timbulnya dengungan ini, Anda diwajibkan untuk mengistirahatkan telinga setiap 1 jam sekali selama penggunaan earphone. Selain itu, pastikan pula tingkat volume suara tidak terlalu keras atau tidak melebihi 60 persen. 

2. Kotoran Telinga yang Menumpuk

Pada dasarnya, kotoran telinga berfungsi untuk mencegah masuknya serangga atau partikel kecil lainnya. Namun, kotoran yang terlalu banyak hingga menumpuk justru akan membuat telinga berdengung. Untuk itu, Anda disarankan membersihkan telinga secara rutin. Misalnya dengan metode irigasi telinga yang dilakukan oleh tenaga ahli.

BACA JUGA:DPRD Bengkulu Usulkan 3 Calon Penjabat Walikota ke Pusat, Ini Nama-namanya

3. Infeksi Telinga

Telinga berdengung juga menjadi salah satu tanda dan gejala dari otitis media atau infeksi telinga. Pasalnya, infeksi ini akan mengubah tekanan di dalam telinga sehingga menimbulkan suara dengungan. Jika Anda memgalami tanda dan gejala yang mengarah pada otitis media, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, tingkat pendengaran seseorang akan semakin menurun. Kondisi yang disebut presbikusis ini biasanya terjadi saat memasuki usia 75 tahun. Salah satu gejalanya yaitu munculnya suara dengungan pada telinga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: