Sering Kangen Rumah? Begini Cara Mengatasi Rasa Homesick Bagi Mahasiswa Baru

Sering Kangen Rumah? Begini Cara Mengatasi Rasa Homesick Bagi Mahasiswa Baru

Salah satu trik sederhana yang dapat mengatasi rasa homesick bagi mahasiswa adalah dengan ikut beragam komunitas atau organisasi. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada masa perkuliahan untuk mahasiswa baru seperti sekarang ini, tentunya akan seringkali dijumpai para mahasiswa yang sedang beraktifitas di sekitar area kampus. Bagi kamu mahasiswa baru yang berkuliah di perantauan, tentunya akan mulai merasakan yang namanya kangen rumah alias “homesick”.

Homesick sejatinya merupakan rasa rindu akan rumah atau kampung halaman. Perasaan ini tidak hanya dialami oleh para mahasiswa baru yang sedang berkuliah di luar kota, namun juga bisa dirasakan oleh setiap orang yang sedang merantau atau jauh dari keluarga.

BACA JUGA:Cari Pelaku Tabrak Lari, Warga Batiknau Blokade Jalan Larang Truk Batubara Melintas

Akan tetapi, memang para mahasiswa yang kerap kali diterpa oleh rasa homesick. Apalagi jika masih berstatus sebagai mahasiswa baru (maba). Berikut ini 3 cara mengatasi rasa homesick bagi kamu yang merupakan mahasiswa baru.

1. Ikut Komunitas atau Organisasi

Salah satu trik sederhana yang dapat mengatasi rasa homesick bagi mahasiswa adalah dengan ikut beragam komunitas atau organisasi. Di dunia perkuliahan tentunya banyak terdapat organisasi atau komunitas yang dapat menunjang softskill ataupun hardskillmu. Mulai dari organisasi intra kampus seperti HIMA atau BEM, organisasi esktra kampus (ormek) atau bisa pula UKM (unit kegiatan mahasiswa) dan beragam komunitas lainnya.

Dengan mengikuti berbagai macam organisasi atau komunitas tersebut, kamu juga berpeluang mendapatkan kesibukan baru yang dapat mengalihkan rasa rindumu terhadap kampung halaman atau rumah. Selain itu, kamu juga dapat menambah teman atau relasi yang tentunya dapat membuat kehidupanmu di perantauan menjadi lebih seru dan berwarna tentunya.

BACA JUGA:One Piece 1071 Tayang Hari Ini, Tampilkan Gear 5 Luffy, dan Ini Link Nontonnya

2. Mengeksplorasi Tempat Perantauan

Cara ini mungkin dapat kamu lakukan apabila dirimu memiliki jiwa petualang yang cukup besar. Ketika kamu berada di perantauan, tentunya tidak ada salahnya mengeksplorasi apa saja yang ada di tempat merantaumu. Tentunya hal ini cukup penting untuk memulai adaptasimu di tempat yang baru dan sekaligus dapat mengatasi rasa homesick yang kerap kali menerpa.

Kamu dapat mencari beragam tempat seperti coffe shop atau tempat hiburan yang mungkin bisa menjadi tempatmu bersantai, melepas lelah, mengerjakan tugas kuliah ataupun bisa pula jika beruntung dapat mengatasi rasa homesick yang bisa saja datang menerpa. Syukur-syukur jika kamu melakukan kegiatan eksplorasi tersebut bersama teman-temanmu sesame rekan perantauan agar tidak mudah merasa bosan.

BACA JUGA:Pesta Rakyat PWI Mukomuko 'Pecah', Ribuan Pengunjung Padati Pantai Pandan Wangi

3. Menghubungi Keluarga Sesekali

Ini mungkin merupakan salah satu cara paling ampuh ketika seorang mahasiswa mengalami homesick. Kamu dapat mengontak keluarga atau kawan-kawanmu yang berada di daerah asal untuk sekedar berbagi kabar atau melepas rindu sejenak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: