Suka Makan Gorengan? Ini Dia Tips Sehatnya, Salah Satunya Perhatikan Minyaknya

Suka Makan Gorengan? Ini Dia Tips Sehatnya, Salah Satunya Perhatikan Minyaknya

Memasak makanan sendiri di rumah menjadi pilihan yang baik karena kita tahu sendiri prosesnya yang tentu kehigenisannya akan terjaga--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Gorengan merupakan makanan yang sudah tak asing di masyarakat dan bahkan menjadi makanan favorit untuk pelengkap makan nasi ataupun cemilan. Gorengan seperti pisang goreng, tahu goreng, bakwan goreng dan masih banyak lagi memang menggoda selera karena rasanya yang asin, nikmat dan renyah. Namun, sebagian besar orang juga mengetahui makanan satu ini tidak baik dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA: Minimalisir Cedera, Berikut Teknik yang Aman Saat Jatuh dari Sepeda Motor

Jangan takut karena kita tetap bisa mengonsumsi makanan satu ini dengan sehat. Berikut ini tips yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Batasi jumlah gorengan yang dimakan

Membatasi jumlah konsumsi gorengan merupakan hal wajib yang harus diikuti agar tubuh tetap sehat. Selain itu jangan terlalu sering apalagi dikonsumsi setiap hari secara berlebihan.

Hal ini karena makanan digoreng mengandung lemak dan kolesterol tinggi yang dapat berisiko terkena berbagai penyakit seperti kolesterol, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Tolak Mlarat, Weton Tolak Balak Ini Bondone Ora Bakal Entek

2. Buat gorengan sendiri di rumah

Memasak makanan sendiri di rumah menjadi pilihan yang baik karena kita tahu sendiri prosesnya yang tentu kehigenisannya akan terjaga. Termasuk salah satunya membuat gorengan ini. Pastikan untuk menggunakan minyak yang baru dan tidak digunakan berulang. Atau jika kita terpaksa membeli maka perhatikan kebersihan tempat dan bagaimana proses menggorengnya.

Waspadai penjual gorengan yang menggunakan minyak sangat hitam untuk menggoreng karena berarti minyak tersebut sudah digunakan berkali-kali dan tentunya sudah tidak bagus.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Makanan Tepat untuk Penderita Sakit Gigi

3. Pilih minyak yang bagus

Pastikan kita menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak wijen untuk membuat gorengan. Hal ini karena ketiga jenis minyak tersebut tidak menyebabkan kolesterol jahat sehingga baik untuk memasak gorengan.

Selain itu, sebaiknya gunakan minyak goreng baru tidak lebih dari dua kali. Hal ini karena selama menggoreng, minyak membentuk zat karsinogen yang menjadi penyebab kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: