Masih Suka Ngiler saat Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Masih Suka Ngiler saat Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Tidur dalam posisi miring dan tengkurap menjadi penyebab utama terjadinya ngiler--

BENGKULUEKSPRESS. COM - Sialorrhea atau disebut juga ngiler merupakan suatu kondisi di mana air liur keluar dari mulut saat kamu tertidur. Kondisi ini tergolong normal, karena mulut akan terus memproduksi air liur atau saliva dalam situasi apapun. Saat tidur, otot-otot tubuh akan menjadi rileks, termasuk otot pada area mulut. Sehingga memungkinkan kamu tertidur dalam posisi mulut yang terbuka dan memudahkan air liur untuk keluar. 

Di samping itu, ada beberapa penyebab yang bisa memicu sialorrhea. Nah untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut.

BACA JUGA:HP Anda Pakai Fast Charging atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya

1. Posisi Tidur Miring dan Tengkurap

Tidur dalam posisi miring dan tengkurap menjadi penyebab utama terjadinya ngiler. Pasalnya, posisi tidur ini memungkinkan mulut terbuka secara tidak sadar. Alhasil, air liur yang sebelumnya tertampung pada mulut akan mengalir keluar. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengganti posisi tidur terlentang, sehingga meminimalisir terbuka nya rongga mulut. 

2. Sleep Apnea

Kebiasaan mendengkur, ngorok, atau sleep apnea juga turut menjadi pemicu ngiler saat tidur. Hal ini disebabkan karena penderita sleep apnea seringkali mengalami henti nafas selama beberapa detik saat tertidur.

BACA JUGA:Pemilik Weton Tibo Gedhong, Ditakdirkan Sugih Bondo Sejak Lahir

Akibatnya, rongga mulut secara otomatis untuk menggantikan posisi hidung dalam mengambil nafas. Rongga mulut yang terbuka menjadi jalan keluarnya air liur yang membuat kamu jadi ngiler.

3. Infeksi dan Alergi

Infeksi Saluran Pernafasan, radang tenggorokan, sinusitis, dan beberapa jenis alergi juga bisa memicu ngiler saat tidur. Pasalnya, berbagai infeksi dan alergi ini akan menyumbat jalur pernafasan serta meningkatkan produksi air liur. Jumlah air liur yang terlalu banyak inilah yang membuat mulut tak bisa lagi menampung air liur sehingga menimbulkan sialorrhea.

BACA JUGA:Penjualan PS5 Melejit, Sony Bocorkan Data. Ternyata ini Penyebabnya!!

4. Efek Samping Penggunaan obat

Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa meningkatkan produksi air liur, seperti antipsikotik, antidepresan, dan antibiotik tertentu. Akibatnya, air liur menjadi terlalu banyak dan mengalir keluar dari rongga mulut saat kamu tertidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: