Baru Dibangun, PLTS Rusak

Baru Dibangun,  PLTS Rusak

KOTA BINTUHAN, BE- Proyek Pembangkit Listrik Tanaga Surya (PLTS) yang baru selesai dibangun, hanya bisa berfungsi selama lima hari. Buktinya PLTS bisa menyala hanya 5 hari untuk menerangi rumah warga sebanyak 96 Kepala keluarga (KK) di desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal.  Sedangkan selama dua minggu terakhirnya ini PLTS rusak.

\"Memang kita sudah mendapatkan informasi sudah dua minggu warga air pahlawan tidak lagi menikmati PLTS, proyek baru sebulan dikerjakan sudah mengalami kerusakan. Sehingga warga hanya menikmati PLTS 5 hari saja,\" ujar Kadishutbang ESDM Kaur Ir H Ahyan Endu didampingi Kabid Pertambangan Hari Mk Laksana ST melalui Kasi Kelistrikan Saprolhadi ST, kemarin.

Sesuai informasi yang didapat pihak Dishutbang ESDM Kaur bahwa kerusakan PLTS disebabkan dugaan terbakarnya dinamo. Namun hal ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan PT Spektrum sebagai kontraktornya, mengingat masih tanggung jawab pihak perusahaan tersebut.

Dikatakanya, dalam kerusakan PLTS tersebut itu masih tanggung jawab pihak kontraktor, karena saat ini selama 3 bulan kedepan masih ada pemeliharaan. Makanyanya pihaknya meminta pihak desa untuk mengusulkan proposal pemberitahuan ke Dishutbang.

Kemudian pihaknya akan melakukan koordinasi ke pihak kontraktor, untuk segera diperbaiki, karena ini masih wewenang kontraktor.

\"Kita akan upayakan secepatnya agar PLTS tersebut bisa menyala kembali, mengingat saat ini warga sangat membutuhkan, maka kita minta kontraktor untuk segera memperbaikinya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: