Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Tanaman Liar yang Berkhasiat untuk Obat

Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Tanaman Liar yang Berkhasiat untuk Obat

Dari 9.600 tanaman di Indonesia yang digunakan untuk industri farmasi hanya 280 spesies, ribuan spesies lain belum digunakan dengan maksimal.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia memiliki banyak spesies tanaman, dari banyaknya spesies tanaman tersebut terdapat tanaman liar yang berkhasiat untuk obat. Banyak tanaman liar yang berkhasiat untuk obat tersebut masih banyak yang belum diketahui manfaatnya.

BACA JUGA:Melawan, Begal Pelajar di Rejang Lebong Dihadiahi Timah Panas

Sehingga membuat tanaman liar yang dianggap hanya sebagai gulma pengganggu, namun sebenarnya tanaman liar tersebut mempunyai khasiat untuk penyembuhan. Negeri yang kaya ini terdapat lebih dari 30.000 spesies tanaman, dan sekitar 9.600 spesies sudah diketahui manfaatnya bagi pengobatan.

Dari 9.600 tanaman tersebut yang digunakan untuk industri farmasi hanya 280 spesies, ribuan spesies lain belum digunakan dengan maksimal.

Berikut ini tanaman liar yang berkhasiat untuk obat, sebagaimana dikutip dari kanal youtube bermain tanah berikut daftarnya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Bengkulu Utara

1. Acalypa indica L

Tanaman kucing kucingan atau tanaman anting anting, tanaman ini berkhasiat untuk obat diare, gangguan pencernaan, disentri dan muntah darah. Akarnya digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dan tanaman anting anting banyak di halaman rumah sehingga mudah didapatkan.

2. Eclipta Prostrata

Eclipta Prostrata tanaman ini juga disebut sebagai tanaman urang aring, tanaman yang biasa menjadi gulma ini bisa digunakan untuk penghitam rambut. Sangat terkenal di pengobatan herbal aero feda maupun chinese traditional medical untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal.

BACA JUGA:Bertemu Presiden Jokowi, Warga Seluma Tolak Dikasih Baju Tapi Minta Izin PT FBA Dicabut

Khasiat dari urang aring adalah untuk pertumbuhan rambut, kesehatan liver pengobatan infeksi dan pereda nyeri. Selain itu urang aring juga berkhasiat untuk mengatasi dermatitis, menangani disentri, kesehatan jantung,mencegah kanker, untuk kesehatan mata, invensi saluran kencing.

3.Peperomia Pellucida

Peperomia Pellucida atau biasa disebut dengan ketumpang air atau sirih cina tanaman yang biasanya di halaman. Mempunyai khasiat mencegah hipertensi, menurunkan kadar gula darah. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik Sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko serangan jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: