Wanita Juga Bisa Mendapatkan Keberkahan Hari Jumat, Amalkan 10 Amalan ini

Wanita Juga Bisa Mendapatkan Keberkahan Hari Jumat, Amalkan 10 Amalan ini

umat Islam di malam Jumat dianjurkan banyak melakukan ibadah, mengaji maupun membaca doa.--

Siapa saja yang melakukan perbuatan baik pasti akan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. Terlebih lagi dilakukan di hari Jumat maka akan mendapat pahala yang berlipat ganda, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

"Barangsiapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barangsiapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat). Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali," (HR Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Mussayyab).

8. Memperbanyak Sedekah

Ibnul Qayyim Rahimahullah pernah menyampaikan keutamaan sedekah di hari Jumat

"Bahwasanya sedekah di hari Jum’at dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya,".

9. Mandi Jumat

Mandi Jumat ternyata tidak hanya disunnahkan kepada kaum laki-laki namun juga kepada kaum wanita. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW>

"Hal yang diwajibkan Allah atas tiap-tiap orang muslim ialah mandi setiap tujuh harinya dengan membasuh kepala dan seluruh tubuhnya. (Hadist riwayat Imam Muslim).

10. Memakai Pakaian Bagus

Layaknya kaum laki-laki yang disunnahkan menggunakan pakaian terbaik untuk sholat Jumat, kaum wanita juga disunnahkan menggunakan pakaian terbaik dihari Jumat.

BACA JUGA:Rahasia Banyak Uang dan Rezeki, Syekh Ali Jaber: Jangan Lupa Baca Doa ini Hari Jumat

BACA JUGA:Hari Jumat Jangan Lewatkan Berdoa di Waktu Singkat ini, Abah Guru Sekumpul: Rezeki dan Hajat Terkabul

Hal tersebut seperti diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa Rasulullah SAW berkhotbah kepada orang-orang pada hari Jumat, lalu beliau melihat mereka mengenakan pakaian nimar (sehari-hari), kemudian Rasulullah bersabda:

"Tidak dibebankan bagi seseorang dari kamu jika dia mempunyai kaluasan untuk mengambil sepasang pakaian untuk salat Jumatnya selain sepasang pakaian untuk kerjanya," (Riwayat Ibnu Majah).

Itulah amalan-amalan sunnah untuk wanita di hari Jumat agar bisa mendapatkan keutamaan dari hari Jumat, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: