5 Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga dan Riba

5 Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga dan Riba

IST/BE 5 Tempat pinjam uang bebas dari riba dan bunga--

3. Pegadaian Syariah

Meskipun sama sama bisa menggadaikan barang sebagai jaminan untuk memperoleh dana pinjaman, ada perbedaan yang jelas antara pegadaian konvensional dengan syariah.

Pegadaian syariah tidak mengambil keuntungan dalam bentuk bunga yang dapat berlipat ganda ataupun bagi hasil, tetapi berupa upah jasa pemeliharaan atas barang jaminan yang digadaikan.

Gadai syariah umumnya menggunakan akad rahn yang artinya menahan harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan. Sehingga akad rahn juga dimaksudkan perjanjian untuk tolong menolong antar sesama.

BACA JUGA:Pembiayaan Syariah Tumbuh Positif, Hingga Mei 2023 Pinjol Alami Sharia Salurkan Rp5 Triliun Pinjaman Produktif

4. Kartu kredit Syariah 

Dengan menggunakan kartu kredit biasa, sebenarnya pinjaman tanpa riba yang kita dapatkan bisa saja tanpa bunga asalkan dibayar sebelum jatuh tempo. Hanya saja, peluang mengembalikan pinjaman dalam tempo singkat sangatlah kecil.

Agar lebih aman, bisa memakai kartu kredit syariah. Tidak perlu khawatir, seluruh peraturan kartu kredit syariah sudah tercakup dalam ketentuan umum fatwa DSN-MUI No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang kartu kredit syariah.

Kartu kredit syariah sendiri mulai ada di Indonesia sejak 2006 lalu. Dengan tidak mengaplikasikan sistem riba, pengguna kartu kredit diminta membayar iuran anggota sebagai imbalan izin untuk menggunakan kartu.

Besaran iuran tersebut disesuaikan pada bank syariah yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Tentu saja kartu kredit syariah juga hanya dapat digunakan untuk membeli barang jasa yang halal dan tidak mengandung riba.

BACA JUGA:BSI, Bank Muamalat dan BCA Syariah 3 KPR Syariah Terbaik Yang Bisa Jadi Pilihanmu

5. Dari Orang terdekat

Meminjam pada orang terdekat seperti keluarga, teman dekat, sahabat, atau saudara tentu saja jadi cara termudah yang dapat dilakukan. Mereka akan mengerti kondisi kita dan tentu saja mau membantu. Hanya saja, saat menggunakan cara ini.

Uang yang mungkin mereka berikan biasanya terbatas karena mereka juga orang biasa biasa saja yang boleh jadi punya masalah finansial tidak jauh beda dengan kita.

Paling penting, jangan sampai lupa atau malah sengaja tidak mengembalikannya karena akan menghilangkan kepercayaan atau bahkan memutus silaturahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: