Dinas Dikbud Latih Tenaga Pustaka Sekolah

Dinas Dikbud Latih Tenaga Pustaka Sekolah

\"perpustakaan\"MUKOMUKO, BE -  Ratusan sekolah di Kabupaten Mukomuko sudah mempunyai gedung ataupun ruangan sementara  perpustakaan. Namun kenyataanya sejauh ini belum memiliki tenaga yang profesional dibidangnya. Hal ini menyebabkan pelayanan kepada para pelajar belum berjalan optimal begitu pun dalam menyusun buku-bukupun dilakukan tidak beraturan dan lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) akan pelatihan kepada tenaga yang ada di sekolah tersebut.\"Minimal satu sekolah satu tenaga yang harus dikirim dari sekolah masing-masing,\" ungkap Kadispendikbud, Dra Nurhasni MPd.

Dalam pelatihan itu pihaknya akan melibatkan Asosiasi Tenaga Pustakawan Indonesia yang ada di kabupaten ini. Menurutnya pelatihan tenaga pustaka cukup penting. Karena pelatihan itu salah satu untuk meningkatkan minat baca para pelajar dan dalam memilih buku-buku di perpustakaan dapat dilakukan dengan baik dan benar walaupun yang akan dilatih nantinya bukan tenaga yang memiliki ijazah tenaga pustaka karena mayoritas sekolah belum ada diisi dengan tenga pustaka melainkan tenaga pengajar maupaun honorer yang ada di sekolah yang diberdayakan. \"Tenaga honorer yang  kita berdayakan, walaupun mayoritas tenaga itu tamatan SMA sederajat,\" bebernya.

Mayoritas sekolah di kabupaten ini sudah memiliki perpustakaan walaupun ruangannya belum bisa dikatakan suatu perpustakaan sebagaimana mestinya. \"Untuk pembangunan gedung perpustakaan perlu dilakukan secara bertahap berdasarkan anggaran yang ada,\" pungkasnya. (900)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: