Waspadai Asam Urat Naik, Kenali 5 Gejala Ini untuk Mendeteksinya

Waspadai Asam Urat Naik, Kenali 5 Gejala Ini untuk Mendeteksinya

Asam urat bisa menyerang siapa saja yang memiliki pola makan buruk--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pola makan yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat. Mungkin banyak yang mengira bahwa asam urat hanya bisa menyerang orang tua, padahal tidak seperti itu faktanya.

Asam urat bisa menyerang siapa saja yang memiliki pola makan buruk atau mengonsumsi makanan dengan kandungan zat purin secara berlebihan, tidak memandang umurnya. Nah, agar kamu lebih waspada, berikut beberapa gejala asam urat yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Bank Raya Kembangkan Pinang Flexi Extra, Pinjaman Digital Untuk Karyawan Limit Rp 500 Juta Per Debitur

1. Sendi Terasa Nyeri dan Sakit

Ketika tubuh tiba-tiba sakit padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, kemungkinan kadar asam urat sedaang tinggi. Terutama jika area persendian seperti lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, siku, dan tangan. 

Salah satu gejala asam urat adalah persendian tiba-tiba terasa nyeri dan sakit. Segera cek untuk mengetahui kadar asam uratmu dan mulai jaga pola makan yang sehat, jangan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi.

BACA JUGA: Ini Dia Pajangan Hiasan Foto untuk Penarik Rezeki Melimpah!

2. Bengkak di Beberapa Sendi tanpa Sebab

Tidak hanya terasa sakit, tanda bahwa asam urat naik selanjutnya yaitu terjadinya pembengkakan di sekitar sendi yang sakit. Pembengkakan yang paling terlihat di area jempol kaki. 

Hal ini terjadi karena penumpukan asam urat di tubuhmu. Efeknya terjadi ke beberapa orang yang terkena asam urat, terutama orang yang sudah berumur ketika berjalan tiba-tiba terlihat pincang dan terseok-seok.

3. Perubahan Warna pada Kulit Di Sekitar Persendian

Pembengkakan yang terjadi di sekitar sendi akan mengakibatkan perubahan warna kulit di sekitarnya. Peradangan itu membuat kulit menjadi merah atau bahkan ungu lebam kehitaman. 

BACA JUGA:Pinjol Danamas Cocok Untuk Pelaku Usaha Kecil Bisa Cair Rp 7,5 Juta Proses Cepat Berizin OJK

Ketika merasa tidak pernah jatuh atau terpentok benda keras tapi warna kulit menjadi lebam, maka bisa jadi tanda bahwa asam urat naik. Jangan biarkan itu terjadi berlarut-larut dan segera cek ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: