Ini Dia Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Salah Satu Amalan Sunnah Jelang Idul Adha

 Ini Dia Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Salah Satu Amalan Sunnah Jelang Idul Adha

Puasa Dzulhijjah masuk dalam amalan sunnah yang umumnya dilaksanakan dari rentang tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Seperti disampaikan Rasulullah Muhammad SAW, amal shalih yang dilakukan pada awal Dzulhijjah amat dicintai oleh Allah SWT.

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

"Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya’.”

BACA JUGA:Inilah Doa Minum Susu Sesuai dengan Anjuran Rasulullah SAW

Salah satu amal ibadah yang dapat dilakukan selain berhaji pada bulan Dzulhijjah yakni berpuasa. Puasa Dzulhijjah masuk dalam amalan sunnah yang umumnya dilaksanakan dari rentang tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah. Adapun Puasa sunnah yang dilaksanakan khusus pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah disebut dengan Puasa Tarwiyah dan Arafah.

Puasa Dzulhijjah memiliki sejumlah keutamaan, seperti mendatangkan pahala berlipat ganda dan diampuninya dosa.

Salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tarmidzi menjelaskan mengenai keutamaan puasa Dzulhijjah.

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

BACA JUGA:Ini Punya Anak Sholih Sholihah? Baca Amalan Ijazah dari Habib Abdullah Al Muhdhor

“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tirmidzi).

Puasa Sunnah pada 1-7 Dzulhijjah

Berpuasa dari tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah bisa dilaksanakan oleh orang yang sedang beribadah haji maupun yang tidak. Seperti yang dikutip laman NU Online dari keterangan Syekh Zakaria Al-Anshari dalam Asna Al-Mathalib.

BACA JUGA:Inilah 5 Weton Tibo Pati, Bakal Sukses dan Kaya Raya!

Seperti telah disebutkan sebelumnya, melakukan amal shalih termasuk berpuasa pada awal Dzulhijjah sangatlah disukai Allah SWT. Berikut niat puasa pada 1 hingga 7 Dzulhijjah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: