7 Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda! Begini Cara Mencegahnya

7 Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda! Begini Cara Mencegahnya

mencegah rambut ubanan di usia muda--

7. Merokok

Pada tahun 2013, terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa seorang perokok memiliki risiko 2,5 kali lebih besar munculnya uban di usia muda, bila dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Sehingga kebiasaan merokok, dalam jangka panjang juga bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda.

Sejatinya, pertumbuhan uban yang dialami adalah hal yang wajar.

Namun, bila pertumbuhan uban di usia muda terasa semakin tidak normal, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan untuk menentukan apa penyebabnya, serta mendapatkan penanganan yang tepat.

Tak hanya itu, dokter pasti juga akan memberikan anjuran tentang bagaimana upaya pencegahan munculnya uban di usia muda. 

Cara Mencegah Ubanan Usia Muda

Beberapa kondisi membuat pencegahan rambut ubanan di usia muda menjadi sangat sulit, seperti karena genetik dan adanya penyakit tertentu.

Namun, kalau kamu mengalami ubanan karena beberapa faktor lain yang masih dapat dikendalikan, berikut beberapa cara mencegahnya tumbuh lebih banyak.

1. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Tinggi Antioksidan

Uban yang muncul karena stres oksidatif dapat diminimalkan dengan memperbanyak antioksidan dalam tubuh. Itu artinya, kamu perlu asupan antioksidan lebih banyak seperti dari buah dan sayuran segar, teh hijau, dan ikan.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Vitamin B12 sebenarnya cukup mudah ditemukan di berbagai bahan makanan yang ada di Indonesia. Selain daging dan keju, kamu bisa menemukan B12 di telur, susu, dan makanan laut.

Kalau kamu seorang vegan, cobalah lebih banyak mengonsumsi tahu, tempe, dan susu kedelai. Jika memang diperlukan, kamu bisa pula mengonsumsi suplemen.

BACA JUGA:Rambut Ubanan Kembali Hitam, Ternyata Cukup Konsumsi ini Saja Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: