7 Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda! Begini Cara Mencegahnya

7 Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda! Begini Cara Mencegahnya

mencegah rambut ubanan di usia muda--

Penyebab uban yang muncul di usia muda tidak hanya datang dari dalam tubuh, namun juga bisa luar tubuh seperti halnya penggunaan produk kimia.

Penggunaan produk kimia seperti sampo juga bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda karena mampu mengurangi kadar melanin.

Selain itu, penting untuk diperhatikan bahwa hidrogen peroksida yang bisa didapatkan pada produk perawatan rambut kimia merupakan bahan yang berbahaya.

4. Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu pemicu munculnya uban di usia muda yang paling sering terjadi. Umumnya, uban tumbuh prematur dapat dialami oleh orang berkulit putih sejak berusia 20 tahun, pada orang Asia sejak berusia 25 tahun dan pada populasi Amerika-Afrika sejak usia 30 tahun.

BACA JUGA:Masih Muda Rambut Ubanan? 5 Kebiasaan ini Penyebabnya

5. Kebutuhan vitamin tidak terpenuhi

Kondisi menurunnya vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E dan biotin pada tubuh dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda. Karena kurangnya nutrisi pada tubuh dapat menjadi penyebab pigmentasi pada rambut.

Di sisi lain, pada tahun 2016 terdapat sebuah penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu penyebab munculnya uban pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun.

Ternyata, munculnya uban di usia muda diakibatkan oleh rendahnya ferritin yang menyimpan zat besi pada tubuh serta kebutuhan vitamin B12 yang tidak tercukupi.

6. Kondisi medis

Ada beberapa kondisi medis tertentu yang bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda, seperti disfungsi tiroid dan penyakit autoimun kulit alopecia areata.

Seseorang yang mengalami disfungsi tiroid hingga rambut tumbuh abnormal dapat mengalami munculnya uban di usia muda.

Kemudian pada orang yang menderita penyakit autoimun kulit alopecia areata akan mengalami kerontokan di kulit kepala, wajah juga bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA:Rambut Ubanan Jangan Dicabut, Begini Bahaya Efek Sampingnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: