Pengalaman dan Integritas Tak Menjamin Lulus Jadi Penyelenggara Pemilu

Pengalaman dan Integritas Tak Menjamin Lulus Jadi Penyelenggara Pemilu

Pengumuman 4 besar calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu 2023-2028-(foto istimewa/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu mengumumkan nama-nama yang masuk 4 besar yang akan mengikuti tahapan selanjutnya.

Dari pengumuman tersebut, timsel tidak begitu mempertimbangkan pengalaman dan integritas calon, meskipun sudah berpengalaman dalam kepemiluan.

Dari 4 nama yang lulus 4 besar calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, hanya ada Asmara Wijaya yang berpengalaman yaitu saat ini masih menjabat sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Memang ada Debisi Ilhodi yang sedikit banyak paham mengenai kepemiluan, karena saat ini masih tercatat sebagai staf di Sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Sementara Eva Fransisca merupakan mantan pegawai bank. Eva Fransisca diketahui merupakan istri Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Edy Irawan, yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA:KPU Sambut Baik AMSI Kerja Sama Cek Fakta Pemilu 2024 di Seluruh Indonesia

BACA JUGA:Halid Saifullah Terjegal di 4 Besar, Timsel Bawaslu Pilih 2 Laki-laki dan 2 Perempuan

Edy Irawan yang disapa Ebit merupakan Koordinator Presidium MD KAHMI Rejang Lebong. Saat ini Ebit tercatat sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacelag) DPRD Provinsi Bengkulu dapil Rejang Lebong-Lebong dari Partai Demokrat.

Terakhir ada nama Farida Nur Aini. Ia merupakan aktivis perempuan dari Forum Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Wati (Forhati) Bengkulu.

Farida atau akrab disapa Ida ini juga bertugas sebagai staf ahli Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Eni Khairani, yang diketahui tidak lagi menjadi Caleg pada Pemilu 2024 mendatang.

Di sisi lain, 4 nama calon yang gugur merupakan orang yang punya pengalaman di bidang Pemilu yaitu Halid Saifullah yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu juga pernah menjadi Ketua KPU Rejang Lebong, Martawansyah yang masih menjabat sebagai Ketua KPU Kota Bengkulu, serta Irna Riza Yulisastuty diketahui mantan Komisoner KPU Provinsi Bengkulu dan Juniarti Boermansyah mantan Komisioner KPU Kota Bengkulu. 

Integritas 4 nama ini juga tidak diragukan, karena tidak ada catatan buruk selama mereka menjadi penyelenggara Pemilu. 

BACA JUGA:Timsel Bawaslu Panggil Kaum Perempuan Ikuti Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Elfahmi Lubis SH SPd MPd ketika dikonfirmasi mengatakan, empat nama yang sudah dikirim ke Bawaslu RI itu, hasil akumulasi penilaian tes wawancara dan tes kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: