Ini Dia 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu Masuk ke Generasi Mana?

Ini Dia 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu Masuk ke Generasi Mana?

pengelompokan generasi berdasarkan umur-https://www.pegipegi.com/-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Guna memudahkan memahami kebiasaan masing-masing generasi, peneliti mengelompokannya berdasarkan rentang umur atau tahun kelahiran. 

Memang paling dikenal itu adalah istilah milenial dan gen Z. Namun sebenarnya ada klasifikasi generasi lainnya sebelum itu. 

Meskipun perbedaan perilaku atau kebiasaan seseorang acap kali dikaitkan dengan perbedaan generasi, tetapi kita tetap harus meninjau faktor lain yang memengaruhi perbedaan tersebut, seperti yang dituliskan pada laman Paw Research Center.

Biasanya penelitian akan kebiasaan yang dimiliki oleh setiap generasi didasarkan pada data historis, tetapi kontrol lain selain faktor usia juga perlu dilakukan dalam menentukan perbedaan antar generasi.

BACA JUGA:5 Ciri Orang Kaya dan Pura-pura Kaya, Nomor 4 Paling Mencolok

BACA JUGA:Makan Mie dengan Nasi Amankah Bagi Tubuh? Begini Penjelasannya

Perbedaan antar generasi biasanya dikaitkan dengan perbedaan sikap atau keyakinan yang dimiliki oleh sekelompok usia. Selain itu, perbedaan ini dipengaruhi oleh kekuatan eksternal yang secara unik membentuk mereka selama bertahun-tahun.

Kekuatan eksternal yang dapat memengaruhi ialah perubahan sosial, keadaan ekonomi, kemajuan teknologi, atau gerakan politik. Hanya saja, perbedaan kebiasaan tidak selalu berhubungan dengan perbedaan usia juga.

Faktor lain yang dapat memengaruhi perbedaan usia ialah perubahan demografi. Namun, perubahan demografi dapat menjebak karena memainkan pola-pola yang pada awalnya menyerupai perubahan usia.

Masih dalam laman Paw Research Center, diketahui tidak terdapat ilmu pasti yang mengatur ambang batas untuk mengklasifikasikan generasi. Namun, biasanya generasi kerap dikelompokkan berdasarkan jangka waktunya.

Sayangnya, tidak terdapat formula yang disepakati terkait berapa jangka waktu yang dimiliki oleh setiap generasi. Selama 16 tahun (1981 hingga 1996), definisi kerja yang dimiliki terkait milenial setara dengan generasi sebelumnya, yaitu Generasi X (lahir antara 1965-1980).

Menurut definisi tersebut, kedua generasi ini lebih pendek dari generasi Baby Boomer (19 tahun). Generasi ini juga merupakan satu-satunya generasi yang memiliki ambang batas yang ditetapkan oleh Biro Sensus AS, berdasarkan peningkatan kelahiran pasca Perang Dunia II.

Meskipun tidak ada ambang batas yang definitif, tetapi dipercaya bahwa tahun 1996 adalah titik potong antara milenial dan generasi Z.

Hal tersebut ditentukan melalui berbagai faktor, antara lain faktor politik, ekonomi, dan sosial penting yang menentukan tahun-tahun formatif dari generasi milenial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: