Ini Dia Makna Filosofis Gendhing Kebo Giro Saat Iringan Temu Pengantin

Ini Dia Makna Filosofis Gendhing Kebo Giro Saat Iringan Temu Pengantin

Gendhing Kebo Giro tersebut pada awalnya ia ciptakan sebagai sarana untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat menghadiri sebuah acara pernikahan yang mengusung adat Jawa, tentu bunyi ketukan gamelan akan menjadi pengiringnya sering kita dengar.

Di antara banyaknya gendhing gamelan, ada satu gending yang dianggap sebagai representasi acara pernikahan adat Jawa. gendhing tersebut bernama Kebo Giro.

Siapa yang menciptakan gendhing Kebo Giro?

Gendhing Kebo Giro adalah gendhing yang diciptakan oleh salah satu dari anggota Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga. Gendhing tersebut pada awalnya ia ciptakan sebagai sarana untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.

BACA JUGA:Mimpi Ditolak Gebetan, Tanda Jiwamu Sedang Tertekan!

Pada masa Wali Songo, penyebaran Islam dilakukan dengan menggunakan pendekatan budaya atau dalam ilmu Antropologi dikenal dengan istilah “Cultural Approach”. Pendekatan budaya tentunya bertujuan untuk menarik hati masyarakat.

Kapan gendhing Kebo Giro dilantunkan?

Gendhing Kebo Giro biasa dilantunkan pada saat pernikahan adat Jawa. Lebih tepatnya gendhing ini bertujuan untuk mengiringi prosesi Temu Panggih.

Apa itu prosesi Temu Panggih?

Temu Panggih adalah pertemuan antara kedua mempelai setelah akad nikah dengan didampingi oleh kedua orang tua.

BACA JUGA:Weton Ini Memiliki Sedulur Papat Lima Pancer yang Digdayanya Tinggi!

Makna Filosofis Kebo Giro Dalam Pandangan Islam

Gendhing Kebo Giro jika dimaknai berdasarkan perspektif Islam maka kata tersebut berasal dari bahasa Arab yaitu “Hubbu” dan “Ghirah”.

Kata “Hubbu” memiliki arti cinta dan kasih sayang. Sedangkan kata “Ghirah” memiliki arti  sebagai unsur jiwa yang menjaga kehidupan dan ketulusan hati. Sehingga kedua kata tersebut dimaknai sebagai pertemuan kasih sayang dan keinginan jiwa yang mendalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: