Begini Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen!

Begini Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen!

Beras merah dikatakan baik untuk pencernaan, penderita diabetes, dan bayi-Bengkulu Ekspress-Istimewa

Mungkin Anda berpikir jika proses pemanggangan beras bisa merubah teksturnya. Padahal, memanggang beras merah sebelum dimasak justru tidak akan mengubah teksturnya, dan cenderung memperkuat sentuhan dari rasa khas seperti kacang dari beras merah.

BACA JUGA:Sangat Mudah! Cara Membuka Pintu Rezeki ala Aa Gym

Proses cara memasak beras merah bagian pemanggangan tersebut cukup mudah. Anda bisa menyiapkan teflon atau wajan biasa. Kemudian panaskan terlebih dahulu. Lalu tuang beras ke wajan atau teflon tersebut dan tumis beras dengan sedikit minyak zaitun. Lalu tambahkan air dan aduk hingga harum.

4. Perhitungkan Takaran Air

Cara memasak beras merah seperti yang sempat disinggun sebelumnya, tekstur beras merah cenderung lebih keras dibanding beras putih. Itulah mengapa air yang digunakan untuk memasak beras merah harus lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih.

Untuk satu cangkir beras merah, maka cara memasak beras merah bisa menggunakan 2-3 gelas air untuk memasak berasa merah tersebut. Penggunaan air yang lebih banyak ini akan sangat membantu untuk membuat beras merah menjadi lebih pulen dan lebih nikmat dikonsumsi.

5. Campur dengan Beras Putih

Cara masak beras merah selanjutnya, yaitu dengan mencampurnya menggunakan beras putih. Tujuannya tentu agar rasa dari beras merah lebih nikmat dan bisa mendekati rasa dari beras putih tersebut. Akan tetapi, meski perlu dicampur dengan beras putih, usahakan untuk tidak menggunakan porsi beras putih terlalu berlebihan.

BACA JUGA:Bloody Mary, Penyihir Terkejam di Dunia Barat!

Sebab cara memasak beras merah dengan penggunaan beras putih berlebihan justru membuat berbagai manfaat beras merah semakin rendah rasionya. Sebagai patokan, maka Anda bisa menggunakan perbandingan 1:2 untuk campuran beras putih dan beras merah tersebut.

Jika memutuskan menggunakan cara ini, maka perlu diperhatikan juga masalah penggunaan airnya. Sebab otomatis penggunaan air harus dikurangi. Jika tidak, maka bisa membuat nasi menjadi lembek bahkan tidak layak dikonsumsi.

6. Diamkan Terlebih Dahulu

Mengapa cara memasak beras merah perlu didiamkan selama terlebih dahulu? Sebab, proses “istirahat” ini akan membantu dalam memaksimalkan proses penyerapan air dan membuat tekstur nasi tidak terlalu lembek.

Proses pendiaman cara memasak beras merah cukup dilakukan 5-10 menit saja. Setelah proses pendiaman waktu yang ditentukan, Anda bisa mengaduk nasi menggunakan untuk mencegah nasi menempel di dinding rice cooker.

BACA JUGA:Ingin Rezeki Dijamin Allah, Syekh Ali Jaber Ajarkan Amalan Sebelum Berangkat Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: