Begini Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen!

Begini Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen!

Beras merah dikatakan baik untuk pencernaan, penderita diabetes, dan bayi-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memahami cara memasak beras merah yang benar akan membuat hasilnya enak, pulen, dan tidak keras. beras merah disebut bahan makanan lebih bergizi dibanding beras putih karena mengandung 1,8 gram serat dalam 100 gramnya, sementara dalam beras putih hanya 0,4 gram. 

Cara memasak beras merah harus diperhatikan betul bagian mencuci, merendam, menakar, hingga mengolahnya. Ini bagian cara memasak beras merah yang paling utama harus dilakukan, jangan lewatkan setiap bagiannya.

BACA JUGA:Weton Ini Memiliki Sedulur Papat Lima Pancer yang Digdayanya Tinggi!

Beras merah dikatakan baik untuk pencernaan, penderita diabetes, dan bayi. Bagaimana cara memasak beras merah tersebut? Tentu tidak sama dengan cara memasak beras putih biasa, ya. Berikut ini diulas berbagai cara memasak beras merah yang enak dan tidak keras dari berbagai sumber.

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Tidak Keras

1. Cuci dengan Air Mengalir

Cara masak beras merah yang pertama di mulai dari proses pencuciannya. Sebenarnya ketika proses mencuci bisa dibilang sama saja dengan proses mencuci beras lain. Pastikan jika air yang digunakan merupakan air mengalir.

BACA JUGA:Kawuk, Hewan Pemakan Mayat di Nusakambangan

Sebab penggunaan air mengalir dapat menghilangkan kotoran yang berasal dari sisa-sisa kulit gilingan padi. Selain itu, cara memasak beras merah cukup bilas beras merah 2-3 kali saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari kadar vitamin di dalamnya justru berkurang.

2. Rendam Terlebih Dahulu

Kemudian, cara masak beras merah dengan melakukan perendaman. Anda bisa merendam beras merah di dalam air selama 30 menit. Hal ini untuk mendapatkan tekstur yang lebih lunak. Selain itu, jumlah air harus diperhatikan dengan tepat.

BACA JUGA:Bisa Bikin Awet Muda, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum ini

Dalam satu gelas beras merah, dapat menggunakan tiga gelas air untuk merendam. Mengapa cara memasak beras merah perlu direndam? Sebab beras merah memiliki tekstur yang cenderung lebih keras dan perendaman ini bermaksud untuk melunakkan tekstur dari tiap biji beras merah tersebut.

3. Panggang Beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: