Bukan Daki, Tanda di Leher Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Mematikan!

Bukan Daki, Tanda di Leher Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Mematikan!

Kondisi tengkuk yang seperti berdaki tersebut seringkali muncul pada mereka yang mengalami obesitas-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tengkuk yang menghitam kerap terlihat seperti daki. Umumnya kondisi ini banyak muncul pada orang yang mengalami kegemukan. Namun ternyata tanda tersebut adalah sinyal tubuh untuk menyampaikan kondisi yang cukup ‘gawat’.

Beberapa waktu lalu, karena netizen berkomentar body shaming pada seorang artis yang melakukan perselingkuhan dan kebetulan memiliki kondisi seperti daki di tengkuk tersebut, ahli medis mendadak memberikan klarifikasi dan edukasi kesehatan

BACA JUGA:Tanggal Lahir Ini Ternyata Bakal Tajir dan Hidup Senang di Usia 40 Tahunan

Rupanya kondisi tersebut merujuk pada kemungkinan diabetes. Seperti yang kita ketahui, kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun. Berikut ini penjelasannya.

Orang obesitas cenderung memiliki kondisi ini

Kondisi tengkuk yang seperti berdaki tersebut seringkali muncul pada mereka yang mengalami obesitas. Nyatanya, ketika kita coba gosok, tidak akan mudah hilang layaknya daki. Sebab ternyata hal ini menjadi indikasi tingginya kadar insulin dalam darah. 

Apa artinya kalau insulin dalam darah cukup tinggi? Hal tersebut menunjukkan bahwa kita mungkin sedang mengalami pre diabetes atau diabetes itu sendiri. Di mana gula darah sulit turun walaupun tubuh telah menghasilkan banyak insulin.

BACA JUGA:Kejatuhan Cicak, Jadi Pertanda Buruk dan Bakal Sial?

Bukan hanya di tengkuk, kondisi ini juga mungkin bisa kita temukan pada area lipatan kulit seperti selangkangan dan ketiak. 

Bagaimana cara menghilangkannya?

Meski masih berupa gejala, tentunya jangan menyepelekan kondisi tersebut. Sebaiknya mulai terapkan pola makan sehat. Di antaranya seperti kurangi makanan dan minuman manis, perbanyak konsumsi air putih setidaknya 2 liter sehari dan cukupi kebutuhan serat dari sayur dan buah. 

BACA JUGA:Uang Lembur PNS Naik di 2024, Ini Besarannya

Mengatur pola makan juga berhubungan dengan porsi dan kalori harian. Sebaiknya kalori makanan total dalam sehari di kisaran 1200-1500 kalori, atau sesuai dengan kebutuhan berat badan. Pada mereka yang sedang diet, kemungkinan bisa lebih rendah. 

Selain itu, kombinasikan dengan tidur cukup dan olahraga secara teratur. Sebab kedua kondisi ini bisa membantu mengelola bahan bakar energi dalam tubuh, sehingga tidak menumpuk menjadi lemak dan gula. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: