Penyakit yang Biasa Muncul usai Liburan dan Kiat Mengatasainya

Penyakit yang Biasa Muncul usai Liburan dan Kiat Mengatasainya

liburan memang menyenangkan, namun perlu diwaspadai timbulnya penyakit yang disebabkan karena liburan tersebut-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Ada beberapa penyakit yang disinyalir akan muncul usai seseorang selesai dari liburannya. Setidaknya itu menurut seorang pakar.

"Usai liburan juga ada sejumlah penyakit dan ketidaknyamanan yang menghampiri sehingga kita tidak bersemangat untuk kembali bekerja," kata VP of Medical Operations PT Good Doctor Technology Indonesia, dr Ega Bonar Bastari.

Setelah masa liburan usai, tidak jarang kita menghadapi kelelahan, kenaikan berat badan, masalah kulit, serta penyakit-penyakit lain yang rawan muncul atau diderita setelah liburan.

BACA JUGA:Tanaman Aesthetic untuk Dekorasi Rumah Jadi Asri!

Kelelahan usai libur panjang biasanya disebabkan kurang tidur atau pola tidur yang berubah. Kita memaksimalkan waktu liburan dengan melakukan begitu banyak aktivitas sehingga mengurangi waktu istirahat.

Sejumlah penyakit yang datang usai liburan antara lain adalah:

1. Leisure sickness

Leisure sickness adalah kondisi atau gejala sakit yang akan muncul saat akhir pekan atau saat liburan tiba.

Kondisi ini lebih umum terjadi pada pria (3,6 persen) dibandingkan pada wanita (2,7 persen) dengan gejala yang dimulai pada 1—2 hari setelah liburan atau tidak lama setelah peristiwa penting yang mengubah hidup seperti pernikahan, kelahiran seorang anak, memulai pekerjaan baru, dan menyelesaikan ujian sekolah atau universitas.

2. Gangguan cerna

Gangguan pencernaan terjadi karena perubahan pola makan dan tidak memperhatikan kebersihan makanan di tempat liburan. 

BACA JUGA:Mimpi Digigit Ular, Benarkah Akan Dapat Jodoh?

Liburan menggunakan pesawat juga dapat menimbulkan gangguan pencernaan karena penerbangan dapat menyebabkan dehidrasi, memperlambat kecepatan pergerakan makanan melalui usus, dan menyebabkan sembelit saat tiba di lokasi liburan.

3. Migrain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: