Ini Dia Pilihan Jenis Investasi untuk Persiapan Nikah

Ini Dia Pilihan Jenis Investasi untuk Persiapan Nikah

Investasi untuk mendukung persiapan pernikahan sangat diperlukan -Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Investasi seperti hanya menabung. Tentu bisa dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan, termasuk untuk membiayai pernikahan. Tapi ada satu hal yang perlu diingat, Investasi itu harus sesuai dengan tujuan keuangan.

Jadi, jika ingin untuk membiayai pernikahan melalui investasi, maka kamu harus tahu terlebih dahulu, berapa jumlah yang harus kamu kumpulkan. Kemudian hitung juga kapan pernikahan tersebut akan dilaksanakan. 

Caranya, tentu saja dengan menghitung detail jenis biaya yang harus dikeluarkan saat nikah nanti, kemudian tambahkan dengan persentase inflasi (untuk biaya pernikahan umumnya menggunakan prosentase kenaikan 10 persen). 

BACA JUGA:TANPA BUNGA! Pinjaman KUR Pegadaian Syariah Rp 10 Juta, Angsuran Cuma Rp 291 Ribuan

Jika jumlah dan waktu nikah sudah ditentukan, baru deh, kamu bisa memilih jenis investasi yang paling tepat sebagai persiapan biaya pernikahan. PIlihannya apa saja? Simak yuk, lima jenis investasi yang bisa digunakan untuk mempersiapkan biaya nikah berikut ini. 

Deposito

Deposito termasuk investasi dengan risiko paling rendah dan sangat direkomendasi buat kamu yang belum punya pengalaman berinvestasi, dan nggak mau pusing dengan istilah-istilah investasi. Simpanan deposito pun dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).  Termasuk dalam investasi pendapatan tetap, sehingga lebih mudah bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk mencermati setiap pergerakan investasi.

BACA JUGA:Ini Dia Syarat dan Dokumen Menikah 2023 Calon Pengantin ke KUA Kecamatan

Return atau bunga yang diberikan biasanya juga lebih tinggi dibanding bunga tabungan pada umumnya. Dan untuk setoran awalnya, beberapa bank biasanya mematok dana sekitar Rp 10 jutaan. 

Emas

Jenis investasi yang paling populer untuk semua kalangan, dan mudah juga untuk dipahami. Sayangnya, emas kadang tidak memberikan manfaat yang memadai terutama jika kamu berencana berinvestasi hanya beberapa tahun saja. Emas bisa cocok untuk persiapan biaya nikah, jika rencana nikah kamu paling tidak masih 5 tahun ke depan. 

Tapi kalau kamu merasa investasi emas paling cocok buat kamu, cobalah untuk mulai mengamati pergerakan harga emas, dan aplikasikan pengetahuan itu untuk mendapatkan return maksimal dari investasi kamu. 

Reksa Dana

Nah, investasi ini cocok banget buat persiapan nikah baik jangka pendek maupun jangka panjang; tinggal memilih dan menyesuaikan dengan resiko atau profil investasi kamu. Kamu bisa memilih reksa dana pasar uang, saham, atau malah pendapatan tetap. Sesuaikan saja dengan target investasi kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: