4 Golongan Manusia yang Tak Tersentuh Api Negara, Siapa Saja?

4 Golongan Manusia yang Tak Tersentuh Api Negara, Siapa Saja?

Ilustrasi Neraka-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Selain Surga, Neraka merupakan tempat kembalinya manusia setelah hari kiamat nanti.

Neraka merupakan tempat terburuk untuk kembali, karena neraka merupakan tempat siksaan atas balasan perbuatan-perbuatan buruk manusia saat di dunia.

Siksaan neraka ini adalah ancaman yang sangat nyata bagi umat Islam, ancaman tersebut terutama bagi mereka yang selalu melanggar perintah Allah SWT.

BACA JUGA:3 Syafaat Hari Kiamat yang bisa Didapatkan Umat Islam

Selain dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Rasulullah SAW mengajarkan cara agar terhindar dari siskaan api neraka.

Menurut Rasulullah SAW ada empat golongan manusia yang tidak akan tersentuh oleh api neraka. Hal tersebut berdasarkan hadist berikut:

"Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata, telah bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: “Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya?” Para sahabat menjawab: “Tentu saja wahai Rasulullah!” Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl". (HR At-Tirmidzi).

BACA JUGA:Agar Hisab di Hari Kiamat Ringan, Baca Doa ini

Dari hadist tersebut, disebutkan ada empat golongan umat Islam yang tidak akan tersentuh oleh api negara, yaitu:

1. Hayyin

Golongan pertama yang tidak akan disentuh api neraka adalah Hayyin. Hayyin adalah orang-orang yang memiliki sifat rendah hati, memiliki kedamaian dan keteduhan dalam diri mereka baik lahir maupun batin.

Golongan Hayyin ini adalah golongan orang-orang yang tidak mudah marah dan menghina orang lain bahkan ketenangan dan ketenteraman jiwa mereka memberikan kedamaian bagi orang lain.

BACA JUGA:Orang-orang Ini Bangkrut di Hari Kiamat, Penyebabnya Ini

2. Layyin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: