Awas! Jangan Charger HP Sembarangan, Waspadai Peretasan Modus Juice Jacking

Awas! Jangan Charger HP Sembarangan, Waspadai Peretasan Modus Juice Jacking

Jangan Charger HP Sembarangan, Waspadai Peretasan Modus Juice Jacking-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sebagaimana cukup umum diketahui, koneksi USB bukan hanya bisa dipakai untuk mengisi daya, melainkan juga untuk transfer data. 

Peretasan Juice Jacking bakal berjalan saat pengguna menghubungkan ponselnya ke koneksi USB yang telah terinfeksi malware. 

Jika koneksi USB tersebut diizinkan untuk transfer data maka hacker bisa mengirim malware. 

Lewat malware yang dikirim via koneksi USB itu, hacker dapat mengendalikan ponsel pengguna dan mencuri data pribadi yang ada di dalamnya. 

Metode peretasan Juice Jacking bisa dibilang cukup sulit untuk dikenali. Dengan mata telanjang, pengguna mungkin bakal kesulitan untuk membedakan mana koneksi USB yang aman dan mana yang sudah terinfeksi malware. 

Kesulitan dalam membedakan itu dikarenakan bentuk fisik USB yang terinfeksi malware sebagai sarana Juice Jacking sendiri terlihat seperti USB pada umumnya. Akan tetapi, meski sulit dibedakan, bukan berarti tak ada cara mencegah Juice Jacking. 

Bila tengah berada di tempat umum dan hendak mengisi daya di fasilitas pengecasan gratis yang tersedia, berikut adalah cara mencegah Juice Jacking, sebagaimana dilansir laman FCC (Federal Communications Commissions).

Cara mencegah Juice Jacking 

- Hindari mengisi daya melalui port USB. 

- Mengisi daya sebaiknya dilakukan lewat stopkontak menggunakan adaptor cas. 

- Usahakan selalu memakai kabel USB milik sendiri. 

- Usahakan buat membawa jenis kabel USB khusus pengisian daya, yang dapat mencegah transfer data saat mengecas. 

- Bila ponsel terhubung ke port USB di tempat pengecasan umum dan muncul pilihan tindakan “charge only” atau “share data”, selalu pilihlah tindakan “charge only” untuk mencegah transfer data yang tidak diinginkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: