Mau Punya Anak Cerdas? Berikut 5 Tips dari Psikolog Harvard University

Mau Punya Anak Cerdas? Berikut 5 Tips dari Psikolog Harvard University

5 tips agar anak menjadi pintar-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Otak anak bukanlah 'miniatur' otak orang dewasa, perlu beberapa waktu dan hal agar otak mereka bisa lebih berkembang.

Hampir segala sesuatu yang dilakukan orang tua dapat berdampak besar bagi anak-anak untuk jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, ada sejumlah hal yang bisa diterapkan oleh orang tua agar otak anak bisa berkembang dengan baik, apa saja? Berikut rangkumannya

1. Jangan Paksakan Minat Anak

Ahli saraf dan psikologi dari Harvard University, Lisa Feldman Barrett mengatakan bahwa orang tua tidak boleh memaksakan anak agar menjadi sosok yang mereka diinginkan. Sebaliknya, orang tua harus membiarkan anak-anaknya untuk mencoba berbagai peluang sehingga anak bisa mengenal hal yang diminatinya.

"Sebagai contoh, orang tua yang menginginkan anaknya untuk menjadi pemain biola umumnya memaksa mereka untuk mengambil kursus. Alih-alih membuat anak berminat, hal itu justru membuat mereka memandang musik sebagai hal yang tidak menyenangkan," ujar Barrett, dikutip dari Make It, Kamis (4/5/2023).

BACA JUGA:Ini Dia Tata Cara Aqiqah Anak Beserta Keutamaannya

Dengan demikian, orang tua harus melakukan pendekatan 'seorang tukang kebun', yakni memahami terlebih dahulu jenis tanaman yang dimiliki, lalu menyediakan tanah yang sesuai agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Analogi tersebut mengartikan bahwa orang tua harus memahami bagaimana minat anak terhadap suatu hal. Setelah itu, orang tua memberikan wadah yang sesuai untuk anak mengembangkan minatnya.

2. Ajari Anak Beragam Kosakata

Menurut studi bertajuk Linking Language and Cognition in Infancy, anak-anak yang berusia beberapa bulan masih belum memahami banyak arti kata-kata. Dengan demikian, orang tua harus membantu proses pembangunan landasan sarafnya dengan mengajarkan berbagai kosakata.

Barrett mengatakan, mengajari anak kata-kata emosional, seperti sedih, bahagia, dan frustrasi sangat bermanfaat untuk dilakukan sejak dini oleh orang tua. Sebab, anak yang mengenali emosinya bisa memudahkan mereka untuk bertindak dengan sesuai di kemudian hari.

BACA JUGA:Tips Mudah Mengajarkan Mengaji Kepada Anak yang Menyenangkan

4. Ajak Anak Meniru Orang Tua

Menurut Barrett, anak-anak umumnya belajar secara alami dengan menonton, bermain, dan meniru orang dewasa. Memerhatikan lingkungan sekitarnya adalah cara yang efisien bagi anak untuk belajar dan memberikan mereka penguasaan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: