Begini Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah kata Ustadz Abdul Somad

Begini Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah kata Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Ia mengingatkan, selain istiqomah membaca doa ini, agar kita terbebas dari hutang maka harus dibarengi dengan ikhtiar yang maksimal.

"Tapi jangan membaca doa saja, pahami maknanya," ucap Ustadz Abdul Somad.

"Orang yang berusaha tapi tidak berdoa, sombong! Bekerja pagi siang petang malam, tapi tidak mau berdoa, sombong!, orang yang hanya berdoa tak mau bekerja, bohong." Jelas Abdul Somad melanjutkan.

Oleh sebab itu, antara berdo'a dan bekerja kedua-duanya harus dilakukan.

Pada hakikatnya rezeki memang sudah dijamin Allah SWT, tapi tetap saja mesti ada usaha yang dilakukan untuk mendatangkannya.

Ada 2 Hal yang Akan Diberikan Allah SWT 

Tak hanya itu, Abdul Somad juga memerintahkan harus banyak-banyak beribadah, jika ibadah kamu lakukan maka Allah SWT akan memberikan dua hal pada hambanya.

Pertama, bila kamu lapar maka Allah akan memberi makan.

Kedua, bila kamu takut Allah SWT akan memberikan rasa aman.

BACA JUGA:Lakukan Amalan ini Menjelang Subuh, Kata Syekh Ali Jaber Rezeki Mengalir Deras

BACA JUGA:Kerjakan Amalan Khusus Ini Kata Ustadz Adi Hidayat, Bagi Pengangguran Langsung Dapat Pekerjaan

"Kita kan di dunia ini hanya dua saja, lapar takut. Kalau perut kenyang, takut pun hilang. Takut anak tidak sekolah, takut bila sudah lepas tak kerja, takut dia kerja nanti tak kaya, takut dan takut," jelas Ustadz Abdul Somad.

Selanjutnya, Ia mencontohkan seperti halnya yang dilakukan Siti Hajar saat ditinggalkan di padang pasir yang tandus, saat ia kehausan beserta anaknya Ismail, Siti Hajar tak hanya memanjatkan Do'a kepada Allah untuk diberikan air.

Akan tetapi, Siti Hajar berusaha mencari air dengan cara mencarinya hingga bolak-balik dari bukit safa ke marwa, hingga akhirnya Allah berikan air yang keluar dari tumit Ismail as.

Dengan begitu, agar hutang anda cepat lunas meskipun seluas samudera, maka antara Doa dan ikhtiar keduanya harus dikerjakan, tidak boleh hanya salah satunya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: