Tanda-tanda Kiamat Menurut Alquran, Apa Saja?

Tanda-tanda Kiamat Menurut Alquran, Apa Saja?

tanda kiamat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kiamat merupakan hari berakhirnya kehidupan di dunia. Kiamat juga kerap disebut sebagai hari akhir, karena tidak ada hari lagi setelah hari tersebut. Dalam Alquran banyak disebutkan istilah lain bagi hari akhir yang menunjukkan agungnya hari tersebut.

Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Banyak ayat Alquran menjelaskan tentang iman kepada hari akhir yang dihubungkan dengan iman kepada Allah SWT. Hal ini berarti bahwa jika seseorang tidak beriman kepada hari akhir, maka tentu saja orang tersebut tidak beriman kepada Allah SWT.

Umat Islam harus percaya dan meyakini bahwa Hari Akhir itu pasti akan datang sebagaimana firman Allah SWT yang memiliki arti berikut ini :

Artinya: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur. (Q.S. al-Hajj/22:7)

BACA JUGA:Tanda ini Muncul di Masjid Kiamat Sudah Dekat, Syekh Ali Jaber: Cepat Bertobat

Iman kepada hari akhir mengandung arti meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari akhir itu pasti terjadi atas kehendak Allah SWT. Untuk menghadapi datangnya hari akhir, dibutuhkan keimanan yang kuat. Keimanan yang benar terhadap datangnya hari akhir mencakup mengimani adanya hari kiamat (kebangkitan), mengimani adanya hisab (perhitungan) dan balasan, mengimani tentang surga dan neraka, serta mengimani segala peristiwa yang akan terjadi setelah kematian.

BACA JUGA:Tanda Kiamat Juga Disampaikan NASA, Begini Faktanya

Berikut ini merupakan tanda-tanda kiamat menurut Alquran, lengkap dengan penjelasannya.

1. Munculnya Binatang Besar

Tanda-tanda kiamat menurut Al Quran yang pertama adalah munculnya binatang besar. Pada ayat Al-Qur’an dijelaskan akan ada binatang besar yang hadir di Bumi untuk menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Tanda-tanda kiamat besar yang sudah terjadi ini telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat-ayat Kami” (Qs. An Naml ayat 82).

2. Matahari Akan Terbit dari Barat

Tanda-tanda kiamat menurut Al Quran berikutnya yaitu matahari akan terbit dari barat yakni arah terbenamnya matahari.

BACA JUGA:Tanda-tanda Kiamat Menurut Ustadz Adi Hidayat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: