Saat Cuaca Panas Ekstrem, Tak Pakai Sunscreen Bisa Picu Kanker?

Saat Cuaca Panas Ekstrem, Tak Pakai Sunscreen Bisa Picu Kanker?

cuaca panas yang terjadi sekarang ini disarankan untuk memakai sun screen --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memprediksi bahwa indeks sinar ultraviolet (UV) sinar matahari di sejumlah wilayah Indonesia  akan mencapai kategori risiko bahaya yang sangat tinggi hingga ekstrem.

BACA JUGA:Ini Manfatnya Pakai Henna, Perwarna Alami Cat Rambut

Berkaitan dengan hal tersebut, BMKG pun mengimbau masyarakat Indonesia untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) dan mengurangi waktu terpapar matahari pada pukul 10.00 hingga 16.00.

"Oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap dua jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat," imbau BMKG melalui akun Instagram resminya (@infobmkg).

Apa risiko jika tidak menggunakan sunscreen?

Sunscreen adalah salah satu jenis perawatan kulit (skincare) dasar yang sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. UVA dan UVB adalah bentuk sinar UV yang bisa berdampak buruk bagi kulit.

 BACA JUGA:Daftarkan Nomor HP Bisa Cair Saldo DANA Rp150.000 Gratis ke E-Wallet 

Dilansir dari Healthline, dokter kulit asal New York, Amerika Serikat (AS), dr. Barney Kenet mengatakan bahwasetiap orang wajib menggunakan sunscreen minimal SPF 30 dan diaplikasikan setiap dua hingga tiga jam sekali untuk perlindungan kulit yang maksimal.

"Jangan tertipu dengan berpikir bahwa Anda benar-benar terlindungi [oleh sunscreen]. SPF menunjuk perlindungan dari sinar UVB, bukan UVA," ujar dr. Kenet mengungkapkan alasan sunscreen wajib rutin diaplikasikan ulang.

BACA JUGA:Ini Dia Arti Mimpi Berjumpa Arwah Orangtua

Berikut risiko jika tidak menggunakan sunscreen secara rutin.

1. Penuaan Dini

Kulit yang tidak menggunakan sunscreen saat pagi hingga sore hari bisa meningkatkan risiko kerusakan kolagen dan jaringan ikat di kulit. Bila hal itu terjadi, elastisitas kulit akan menurun sehingga kulit menjadi keriput, kendur, dan tampak tua. Menurut studi oleh National Health and Medical Research Council of Australia, penggunaan sunscreen secara rutin bisa mengendalikan penuaan pada kulit.

BACA JUGA:Ini Dia Keistimewaan Kelahiran Weton Jumat Pon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: