Benarkah Makan Jambu Biji Bikin Usus Buntu? Simak Penjelasan Dokter

Benarkah Makan Jambu Biji Bikin Usus Buntu? Simak Penjelasan Dokter

Benarkah Makan Jambu Biji Bikin Usus Buntu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah-buahan yang mengandung banyak biji seperti jambu biji atau jambu klutuk sering dianggap jadi penyebab utama usus buntu.

Selain jambu, cabai juga bernasib sama. Konon, biji cabai jadi biang kerok usus buntu.

Namun benarkah jambu biji dan cabai yang jadi biang kerok penyakit usus buntu? Simak penjelasan berikut. 

Menurut dr Tania Savitri lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pada dasarnya usus buntu disebabkan oleh penyumbatan pada organ usus buntu, sebuah struktur berbentuk selang yang kecil yang menempel pada bagian awal usus besar. 

BACA JUGA:Resep Zaidul Akbar untuk Membersihkan Liver Bisa Gunakan Infus Water

Makanan bukanlah penyebab langsung dari radang usus buntu. Akan tetapi, penyumbatan usus buntu yang kemudian meradang bisa saja terjadi akibat penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur saat dicerna.

Misalnya saja, biji cabai atau biji popcorn yang notabene berbentuk mini mungkin saja tidak ikut hancur bersama makanan lainnya sehingga dapat menyumbat usus dalam jangka waktu panjang, dan akhirnya menyebabkan radang usus buntu.

Potongan kecil makanan dapat memblokir permukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu. Penyumbatan ini kemudian dapat menjadi rumah baru bagi bakteri untuk berkembang biak.

BACA JUGA:Ini Dampak Buruk Obesitas Ibu Hamil bagi Janin!

Hal tersebut lama-kelamaan dapat mengakibatkan pembengkakan dan pembentukan nanah di usus buntu.

Namun menurut sebuah riset yang yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, sangat kecil risikonya bagi jambu biji (yang bentuk bijinya notabene sama kecil dengan biji cabe) ataupun biji buah lainnya untuk menyebabkan usus buntu.

Studi yang dilakukan oleh Omer Engin dan timnya ini bahkan hanya menemukan satu kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah, dari total hampir 2.000 kasus yang diteliti.

Itu artinya, risiko Anda untuk mengalami usus buntu yang disebabkan oleh jambu biji atau biji buah lainnya (baik sengaja maupun tidak) hanyalah 0,05 persen.

Gejala Usus Buntu Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: