Lebaran 2023 di Arab Saudi dan UEA Kemungkinan Jatuh pada Sabtu 22 April, Ini Penjelasannya

Lebaran 2023 di Arab Saudi dan UEA Kemungkinan Jatuh pada Sabtu 22 April,  Ini Penjelasannya

saudi hilal--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Para astronom di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan bahwa Idul Fitri dapat dimulai pada hari Sabtu, 22 April 2023 karena bulan Syawal diperkirakan akan terlihat dengan mata telanjang pada Jumat malam dan bukan Kamis.

Secara teknis, bulan akan muncul di langit pada Kamis malam, tetapi tidak akan diterangi oleh sinar matahari dan akan sulit dilihat tanpa peralatan khusus, kata Majid Abu Zahra dari Jeddah Astronomical Society seperti dikutip dalam laporan tersebut.

Tetapi bulan baru akan dengan sangat mudah terlihat menggunakan mata telanjang pada Jumat malam (21/4/2023) jika langit bersih.

Sementara itu Pusat Astronomi Internasional Abu Dhabi lewat Twitter telah menegaskan bahwa bulan baru belum akan terlihat di seluruh dunia, kecuali di sebagian Afrika Barat, pada Kamis.

Meski demikian kedua lembaga itu mengatakan bahwa masih ada kemungkinan Idul Fitri dirayakan pada Jumat jika ada sejumlah saksi yang bisa melihat bulan baru pada Kamis.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Total dan Sebagian di 38 Wilayah Pada 20 April 2023

BACA JUGA:Soal Kapan Lebaran Idul Fitri 2023? Habib Rizieq Serukan Ikutin Ini

Sementara itu Mahkamah Agung Arab Saudi menyerukan umat Islam di wilayahnya untuk ikut memantau hilal atau bulan sabit sebagai pertanda akhir bulan Ramadan dan dimulainya perayaan Idul Fitri 2023 pada Kamis (20/4) malam waktu setempat.

Mahkamah Agung Arab Saudi meminta warga yang nantinya melihat bulan sabit untuk segera melaporkan penglihatannya tersebut.

"Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka," lapor Saudi Press Agency, seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (19/4/2023).

"Mahkamah Agung berharap mereka yang mampu melihat bulan sabit akan bergabung dengan komite yang dibentuk untuk tujuan itu di berbagai daerah dan berpartisipasi dalam upaya yang bermanfaat bagi umat Islam," tambah laporan itu.

BACA JUGA:Begini Cara NU Tentukan Lebaran Idul Fitri 2023

Seruan serupa juga disampaikan pihak berwenang di Uni Emirat Arab (UEA). Mereka juga meminta umat muslim untuk memantau hilal pada Kamis (20/4) malam.

"Komite Penglihatan Bulan mengundang seluruh umat Islam di UEA untuk melihat hilal bulan Syawal pada Kamis malam, 29 Ramadhan 1444 H, yang bertepatan dengan 20 April 2023," lapor Emirates News Agency (WAM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: