Ini Dia Arti One Way dan Contra Flow, Saat Mudik!

Ini Dia Arti One Way dan Contra Flow, Saat Mudik!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Musim mudik lebaran 2023 segera tiba, segala persiapan dan strategi rekayasa lalu lintas sudah mulai dipersiapkan pemerintah. Hal ini dilakukan demi kelancaran, kenyamanan dan mengatasi kemacetan saat mudik lebaran.

Kemacetan sendiri sudah menjadi masalah di Indonesia dan tidak hanya terjadi pada saat musim mudik saja. Kemacetan juga sering kali dijumpai pada sehari-hari di banyak ruas jalan dan ruas jalan tol.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang disiapkan menjelang Lebaran 2023 adalah sistem one way dan contra flow. Namun masih banyak masyarakat yang belum paham betul mengenai dua sistem ini, perlu diketahui bahwa one way dan contra flow punya makna yang berbeda.

BACA JUGA:Isi BBM Full Tank BBM Toyota Avanza, Bisa Mudik Sampai Mana?

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Cek Kondisi Lalu Lintas dengan 5 Aplikasi Ini

Sistem one way dan contra flow pada musim mudik

One way adalah sistem yang diberlakukan dengan mengubah jalur dua arah menjadi jalur satu arah. Sistem ini dibuat agar kapasitas jalan meningkat sehingga dapat mengurangi kemacetan. 

Contohnya ada pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022, pihak kepolisian Satlantas menerapkan sistem one way. Ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan di sekitar gerbang keluar tol Cikampek menuju gerbang tol Kalikangkung pada kilometer 414.

Sistem one way tersebut dilakukan selama beberapa jam hingga lalu lintas telah kondusif. Aturan diatas dikhususkan untuk kendaraan yang keluar dari gerbang keluar Tol Cikampek. Sedangkan untuk kendaraan lainnya diarahkan untuk ke tol lain atau jalur non tol.

Sementara sistem contra flow diberlakukan untuk mengurangi kemacetan pada ruas jalan tertentu. Cara mengubah arus lalu lintas menjadi berlawanan, bukan menutup salah satu arus jalan. 

BACA JUGA:Ada Mudik Gratis Pesawat TNI AL Rute Surabaya-Mataram-Kupang PP, Catat Jadwalnya

BACA JUGA:SIMAK! Aturan Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak-Bakauheni

Perbedaan one way dengan contra flow 

Istilah one way dan contra flow memiliki perbedaan dalam penggunaannya, misalnya ketika musim mudik Lebaran. Apa saja perbedaannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: