Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

--

5. Melakukan gerakan step ups

Gerakan step ups juga merupakan gerakan yang dapat membantu untuk melatih persendiaan dan menguatkan otot khususnya pada bagian kaki. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian karena asam urat.

6. Melakukan gerakan glueteals

Glueteals yang kuat akan meningkatkan fungsi otot dan sendi kaki agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Ini akan membantu untuk dapat mengontrol pergerakan yang dilakukan lutut dengan cara mencegahnya runtuh ke dalam. Sehingga akan bisa membentuk landasan yang cukup kuat.

7. Melakukan gerakan calf stretch

Otot betis akan mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung kekuatan lutut, dan dalam mengurangi rasa sakit sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas. Bagian betis kaki terdiri  dari dua otot di bagian belakang kaki gastrocnemius dan soleus. Tugas utamanya adalah untuk menarik kaki ke bawah, seperti ketika menunjuk jari-jari kaki. Dengan melakukan gerakan calf stretch bisa melatih persendian menjadi semakin kuat.

8. Melakukan gerakan side lying leg lifts

Latihan sendi dengan menggunakan gerakan ini dapat membantu sendi dan bagian otot kaki akan semakin menjadi kuat dan tetap stabil. Bisa juga melakukannya selama 1-2 menit dalam sehari. Sebaiknya melakukan dengan rutin agar mengurangi rasa nyeri pada sendi bagian kaki dengan perlahan.

9. Gerakan duduk diantara betis

Meniskus merupakan bagian C yang berbentuk tulang rawan, letaknya ada diantara sisi sendi pada lutut. Melakukan gerakan duduk di antara betis bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada bagian sendi lutut. Sehingga gerakan ini akan sangat baik dilakukan oleh mereka yang menderita asam urat.

10. Melakukan gerakan wall quad stretch

Gerakan wall quad stretch adalah gerakan yang dinilai mampu membantu meningkatkan persendian bagian pergelangan kaki, lutut, dan tulang kering. Bisa juga melakukan gerakan ini dimana saja dan kapan saja. Cara melakukannya, pertama-tama bisa memposisikan badan membelakangi dinding dengan posisi lunge. Lalu letakan kaki pada bagian belakang di permukaan dinding. Posisi lutut akan menjadi penentu seberapa tajam stretching yang dilakukan. Semakin dekat lutut pada dinding maka peregangan akan semakin baik. Lakukanlah secara rutin agar hasilnya maksimal.

11. Band TKE

Gerakan TKE atau Terminal Knerr Extension adalah gerakan yang akan membantu untuk melatih bagian otot kaki agar semakin kuat dan meringankan rasa sakit yang dirasakan pada bagian persendian. 

12. Melakukan gerakan wall squats

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: