Tony Fadell, Penemu iPod yang Banting Stir ke Bisnis Cryptocurrency

Tony Fadell, Penemu iPod yang Banting Stir ke Bisnis Cryptocurrency

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tony Fadell, seorang eksekutif Silicon Valley terkenal yang dikenal sebagai bapak iPod, meluncurkan proyek terbarunya – dompet perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan cryptocurrency secara offline pada Januari 2023.

Fadell, 53 tahun, menghabiskan hampir satu dekade di Apple di bawah Steve Jobs, di mana dia mengawasi desain pemutar musik portabel, dan kemudian membantu menciptakan perangkat perusahaan yang paling terkenal, iPhone. 

Setelah keluar dari Apple pada 2008, Fadell meluncurkan Nest Labs, sebuah perusahaan perangkat rumah pintar. Nest kemudian diakuisisi oleh raksasa teknologi Google seharga $3,2 miliar. Sekarang Fadell telah bekerja sama dengan Ledger, perusahaan teknologi Prancis, untuk merancang dompet cryptocurrency offline baru. Perdagangan crypto membutuhkan penggunaan kunci kriptografi yang rumit, yang digunakan untuk mengotorisasi transaksi.

BACA JUGA:Hacker Lebih Memilih Industri Kripto, Serangan Siber Terhadap Perbankan Menurun

BACA JUGA:Wow! Harga Kripto Bitcoin Diprediksi akan Tembus 1 Juta Dolar AS, Indikasi FOMO L

Kunci ini biasanya disimpan secara online, misalnya dengan pertukaran online, yang membuatnya lebih rentan terhadap peretasan atau pencurian. Keruntuhan crypto exchange FTX baru-baru ini, yang telah menyebabkan lebih dari $1 miliar dana pelanggan lenyap, mendorong lonjakan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk layanan offline, atau “tahanan sendiri”, seperti Ledger. 

Model sebelumnya yang dirilis oleh Ledger, seperti Nano S dan Nano S, telah berbentuk seperti stik memori USB. Desain baru Fadell, Ledger Stax, adalah perangkat seukuran kartu kredit yang menampilkan punggung melengkung dan tampilan tinta elektronik. “Semua perangkat keras yang aman sampai saat ini seperti semua pemutar MP3 sebelum iPod, dan sudah waktunya untuk iPod,” kata Ian Rogers, chief experience officer di Ledger, kepada Reuters. 

Tony Fadell sebelumnya menyatakan skeptis terhadap beberapa elemen “Web 3.0,” istilah umum yang mencakup sejumlah teknologi terdesentralisasi generasi mendatang, termasuk cryptocurrency dan metaverse. Ledger Stax dijual seharga $279 online mulai awal 2023.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: