Tips Mengatasi Diare Pada Anak Saat Mudik 2023

Tips Mengatasi Diare Pada Anak Saat Mudik 2023

--

BENGKULUEKSPRESS. COM - Saat melaksanakan perjalanan mudik bersama keluarga tercinta, terkadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi saat mudik, juga turut serta anak-anak yang masih dibawah umur.

Terkadang bisa saja mereka mengalami diare saat dalam perjalanan. Hal ini perlu menjadi perhatian serius para orang tua agar perjalanan mudik yang dilakukan tidak terjadi sesuatu yang diinginkan pada anak tercinta. 

Diare sebenarnya adalah cara tubuh membersihkan diri dari bakteri. Proses ini dapat berlangsung selama beberapa hari dan lebih sering menyerang anak-anak daripada orang dewasa. Diare pada anak biasanya diikuti demam, mual, muntah, kram dan dehidrasi. 

Temukan faktor penyebabnya

Penyebab diare pada anak adalah infeksi dari virus rotavirus atau bakteri salmonella, atau bahkan parasit seperti giardia. Virus adalah penyebab yang paling sering terjadinya diare. Gejala diare biasanya disertai sakit kepala dan perut. Diare juga bisa disebabkan oleh keracunan makanan. Gejalanya biasanya muncul cepat, termasuk muntah-muntah, tapi juga bisa hilang dalam waktu 24 jam. 

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Bau Apek Mobil Saat Mudik 2023!

BACA JUGA:SIMAK! Aturan Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak-Bakauheni

Selama perawatan, perlu diingat supaya si kecil tidak kekurangan cairan tubuh. Berikan air susu tambahan untuk bayi dan balita. Karena air putih saja tidak mengandung cukup sodium, potassium dan nutrisi lain yang dibutuhkan anak-anak untuk tetap terhidrasi. Diskusikan dengan dokter, kadar air yang dibutuhkan anak selama diare berlangsung. Anak-anak yang sudah cukup besar bisa minum apa saja selama diare, karena air merupakan salah satu cara mudah mengembalikan cairan yang dikeluarkan melalui muntah atau buang air. 

Dehidrasi parah dapat menyebabkan kejang-kejang, kerusakan otak, bahkan kematian. Oleh karena itu, pastikan anak tetap terdehidrasi dengan baik. Segera hubungi dokter apabila anak mengalami tanda-tanda berikut:

  • Kepala pusing dan seperti melayang
  • Mulut kering dan lengket
  • Air seni berwarna kuning gelap, air seni terlalu sedikit atau tidak ada sama sekali
  • Air mata sedikit atau tidak ada sama sekali saat menangis
  • Kulit kering dan dingin
  • Kekurangan energi

BACA JUGA:Pesan Ustadz Adi Hidayat Amalkan Doa ini Saat Mudik Lebaran

BACA JUGA:Tips PLN Amankan Listrik Rumah Agar Mudik Tenang dan Nyaman

Untuk mengatasi diare pada anak, menurut dokter spesialis anak Emma Nurhema, bisa melakukan pertolongan berikut ini:

1. Beri air campuran garam dan gula

Saat diare tubuh anak akan kehilangan garam. Karena itu, untuk mengembalikannya Anda bisa memberikan campuran garam dan gula pada anak. Meski rasanya tidak enak, usahakan cairan ini bisa masuk ke dalam tubuhnya. Campuran ini diberikan sebagai pengganti cairan elektrolitnya yang hilang dari tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: