Ini Dia Tips Rumah Sejuk Tanpa AC!

Ini Dia Tips Rumah Sejuk Tanpa AC!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai negara topis, Indonesia mengalami dua musim. Yakni musim penghujan dan kemarau. Pada saat musim kemarau tiba, cuaca menjadi sangat panas dan gerah. Apalagi kondisi ini diperparah adanya efek rumah kaca dan polusi kendaraan yang semakin parah.

Akibatnya,  tak jarang orang yang kemudian menggunakan pendingin udara atau Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan suhu rumah atau ruangan. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah dataran rendah atau wilayah pesisir.

Padahal jika kita tilik lebih jauh, penggunaan AC sangat tidak baik bagi lingkungan. Penggunaan AC menjadi isu yang cukup santer bagi para pemerhati lingkungan. Perlahan tapi pasti, kesadaran masyarakat meninggalkan sedikit demi sedikit penggunaan AC. Selain dapat merusak lingkungan juga memerlukan voltase yang cukup besarm yang berimbas pada mahalnya biaya listrik. 

Sebagai pemilik rumah, tentu yang kita inginkan adalah keluarga kita dapat tinggal dengan nyaman di rumah. Tanpa kepanasan namun tetap sehat. Bila perlu dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu juga tidak memakan biaya yang besar. Itulah alasannya kali ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk solusi masalah ini. Agar rumah bisa tetap sejuk tanpa perlu menggunakan AC. Berikut tipsnya:

BACA JUGA:Sedekah Dulu atau Bayar Utang? Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA: Hukumnya Janda Gunakan 'Alat Bantu' Menyalurkan Syahwat daripada Berzina, Begini Jawaban Buya Yahya

1. Buat plafon yang tinggi 

Selain membuat rumah tampak lebih lega juga dapat membuat udara terasa lebih sejuk. Kita juga bisa membiarkan ruangan terbuka tanpa plafon hingga terlihat bagian atap sebagai solusi untuk masalah ini. Jangan lupa gunakan pelapis alumunium foil pada bagian bawah atas yang dapat membuat suhu ruangan lebih sejuk lagi. Intinya membuat jarak pkitang yang lebih tinggi antara kita dengan pembatas di bagian atas baik plafon maupun atap secara langsung. Alumunium foil berfungsi untu memanipulasi suhu hingga bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk daripada di luar.

2. Menggunakan dinding styrofoam 

Selain sebagai peredam suara yang bagus, ternyata styrofoam ini juga dapat menjadi solusi yang murah untuk mendapatkan suhu ruangan yang lebih sejuk. Alasannya karena styrofoam ini bukan merupakan benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Itulah sebabnya suhu di dalam ruangan yang berdinding styrofoam lebih sejuk. Kita bisa gunakan yang polos atau berwarna sambil bermain dengan  interior ruangan agar terlihat lebih cantik.

3. Perbanyak jendela 

Jendela yang banyak membuat banyaknya cahaya yang masuk secara alami. Dengan begitu rumah jadi terlihat terang dan sejuk karena udara keluar masuk melalui ventilasi yang banyak.  Gunakan sistem ventilasi silang dengan memasang dua jendela yang berhadap-hadapan dengan  lubang angin terbuka. Dengan begitu sirkulasi udara menjadi lebih baik sehingga kita tidak hanya mendapat udara yang sejuk tapi juga sehat.

4. Perbanyak tanaman 

Rumput atau tananman rambat bisa menjadi solusi yang tepat untuk  mendapatkan rumah sejuk tanpa AC. Warna hijau dari rumput dan dari dedaunan yang merambat selain dapat menyerap panas matahari untuk fotosintesis mereka juga dapat menyejukan pkitangan mata kita. Selain itu kedua jenis tanaman ini tidak memerluakan halaman yang luas. Jadi rumah dengan halaman sempitpun bisa mendapatkan rumah yang sejuk dengan kehadiran kedua tanaman ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: