Sedekah Dulu atau Bayar Utang? Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Sedekah Dulu atau Bayar Utang? Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin pernah mengalami kesulitan sehingga mengharuskan untuk berutang. Utang yang dimaksud baik berupa materi atau barang maupun dalam bentuk uang.

Lalu bagaimana jika terdapat keinginan untuk berinfaq atau sedekah di saat terlilit utang. Apa hukumnya memberikan sedekah padahal ada utang yang belum lunas dan sudah jatuh tempo? 

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan secara ringkas namun jelas terkait mana yang harus didahulukan antara utang dan sedekah. Wajib tahu agar tidak keliru dalam menerapkan utang dan sedekah di kehidupan sehari-hari.

Berutang itu pada dasarnya hukumnya boleh asalkan tidak dengan cara riba atau untuk sesuatu yang diharamkan. Namun secara tegas hukum membayar utang adalah wajib. 

"Membayar utang itu hukumnya wajib, jangan enak minjamnya saja," tegas Ustaz Adi Hidayat. 

BACA JUGA:Rezeki Masih Seret, Kata Ustadz Adi Hidayat Lakukan Amalan Ringan ini

BACA JUGA:Jam Kerja Baru PNS: Masuk Pukul 7.30 dan Bisa Bekerja dari Mana Saja

Terutama jika terjerat utang riba, maka harus segera melunasinya agar tidak terus berlarut-larut. "Apalagi hukumnya riba yang harus dibebaskan sehingga harus lepas dari keadaan riba," kata Ustadz Adi Hidayat. 

Seharusnya sudah mulai memetakan sebelum berutang, mulai dari cara membayar hingga kapan mampu melunasinya. Ustaz Adi Hidayat melanjutkan penjelasan terkait sedekah. "Infaq (sedekah) ada yang sifatnya wajib dan ada yang sunnah," jelas Ustadz Adi Hidayat.

"Yang wajib, diberikan kepada anggota keluarga pokok yang dalam naungan, tanggung jawab dia keseharian," lanjutnya. 

Dari ilustrasi yang dicontohkan Ustadz Adi Hidayat, disebutkan bahwa nafkah untuk keluarga ini didahulukan dibanding sedekah sunnah dan bayar utang. Misalnya, dengan gaji Rp3 juta, maka Rp2 juta digunakan untuk menafkahi istri dan anak.

BACA JUGA:Raja Jalanan yang Canggih Parah, RX King Reborn 2023 Semakin Tangguh

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Uang Sheep Merge Fight, Gratis Saldo DANA Rp 50.000 Per Hari

Dengan sisa Rp1 juta, ada keinginan untuk sedekah sunnah tapi di sisi lain ada utang yang harus dilunasi. Maka menurut Ustadz Adi Hidayat, wajib untuk mendahulukan membayar utang terlebih dahulu dibanding sunnah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: