Aturan PPDB 2023: Anak Usia 5 Tahun Bisa Masuk SD

 Aturan PPDB 2023: Anak Usia 5 Tahun Bisa Masuk SD

siswa SD di kota bengkulu--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batas usia menjadi salah satu syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 jenjang SD. Usia menjadi syarat wajib bagi calon siswa yang akan masuk SD. Karena hal ini berkaitan dengan kesiapan atau kematangan mental peserta didik.

Kematangan diri dan mental peserta didik dalam (PPDB) 2023 wajib disesuaikan dengan usia. Karena hal ini berkaitan dengan kesiapan mental dan kemampuan siswa dalam menerima pelajaran.

Karena itu, dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK, telah diatur batas usia atau minimal usia calon siswa.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan usia masuk SD adalah minimal 6 tahun dengan catatan khusus. Tetapi, Kemendikbud Ristek mengizinkan siswa dengan usia 5 tahun bisa mendaftar PPDB dengan syarat atau ketentuan khusus.

Sebelum mengetahui alasan, syarat siswa yang berusia 5 tahun, orangtua perlu tahu persyaratan PPDB jenjang SD. Calon peserta didik baru kelas 1 SD harus memenuhi persyaratan usia:

BACA JUGA:Segera Klaim Link DANA Kaget 14 April 2023: Ambil Sekarang Ada THR

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamart Jumat 14 April 2023, Spesial Diskon Minyak Goreng

Ketentuan Anak Usia 5 Tahun Boleh Ikut PPDB SD

Anak berusia 5 tahun 6 bulan per 1 Juli diperbolehkan mengikuti PPDB SD. Dengan catatan, anak tersebut memiliki kecerdasan atau bakat istimewa dan sudah siap secara psikis.

Bakat ini dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Jika tidak ada, maka rekomendasi dilakukan dewan guru sekolah bersangkutan.

BACA JUGA:Sidang Isbat 1 Syawal Digelar 20 April, Kemenag Pantau Hilal di 123 Titik

BACA JUGA:Katalog Promo Indomaret Jumat 14 April 2023, Ada Promo Beli 2 Gratis 1

Batas Usia Anak Masuk SD

1. Calon peserta didik baru kelas 1 SD harus memenuhi persyaratan usia 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: