Lebong Siap Dukung Program Perpusnas Ajukan Pembangunan Gedung Perpustakaan

Lebong Siap Dukung Program Perpusnas Ajukan Pembangunan Gedung Perpustakaan

Bupati Lebong Kopli Ansori bersama unsur kepala OPD ketika melaksanakan audensi dengan pihak Perpusnas dan langsung disambut oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando.-(Istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong memastikan akan siap mendukung program dari Perpustakaan Nasional, untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Untuk itulah secara langsung Bupati Lebong Kopli Ansori bertemu dengan kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Senin (20/02/2023).

Bupati Lebong Kopli Ansori mengatakan, saat ini minat baca masyarakat memang sudah cukup rendah, termasuk di Kabupaten Lebong. Sementara saat ini pemerintah pusat melalui Perpusnas terus menggalakan agar minat baca masyarakat kembali meningkat.

"Untuk itulah, kita pemerintah daerah ikut mendukung apa yang dilakukan oleh Perpusnas," ujar Kopli.

Bupati juga mengatakan, Pemkab Lebong akan terus berusaha untuk menyesuaikan dengan apa yang menjadi program dari Perpusnas tersebut, sehingga kedepannya minat baca masyarakat Lebong bisa meningkat dan sesuai dengan harapan dari Perpusnas.

"Kita akan terus berusaha apa yang menjadi cita-cita Pemerintah nasional dalam hal ini dari Perpusnas," ucapnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah! 14 Masjid di Lebong Terima Dana Hibah Rp 740 Juta, Ini Daftarnya

BACA JUGA:Pemkab Lebong Serahkan Proposal Hibah Mobil PBK ke Kemendagri

Akan tetapi lanjut Bupati, di Kabupaten Lebong sendiri untuk sarana dan prasarana (Sapras) belum mencukupi. Untuk itulah dalam kesempatan ini juga, akan diajukan proposal ke Perpusnas untuk kebutuhan sapras yang dibutuhkan di Kabupaten Lebong.

"Kita sampaikan apa yang kita butuhkan dan apa yang tersedia di Perpusnas yang bisa diberikan," jelasnya.

Adapun yang utama diajukan ke Perpusnas yaitu pembangunan gedung perpustakaan Kabupaten Lebong, karena hingga saat ini Lebong belum memiliki gedung Perpusataakan. Selain itu juga permohonan untuk Perpustakaan keliling, penambahan buku serta fasilitas pendukung lainnya.

"Itu telah kita sampaikan, terkhusus pembangunan gedung perpustakaan, kita telah menyiapkan lahan," tuturnya.

Masih kata Bupati, untuk gedung Perpustakaan memang belum bisa dibangun di tahun 2023 ini, namun nantinya akan dibangun pada tahun 2024 mendatang. Namun untuk sapras lainnya, dirinya berharap bisa diberikan di tahun 2023 ini.

"Mudah-mudahan untuk sapras penunjang di tahun ini bisa kita terima," harapnya.

Selanjutnya, jika kebutuhan telah dipenuhi Perpusnas, maka dari Pemkab Lebong nantinya tinggal menganggarkan untuk pendamping atau kebutuhan lainnya untuk menunjang terwujudnya program Perpusnas tersebut melalui dana sharing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: