Jangan Beli Mobil Tua Jika Ada Kondisi Begini, Sebaiknya Cari yang Lain

Jangan Beli Mobil Tua Jika Ada Kondisi Begini, Sebaiknya Cari yang Lain

mobil bekas-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mobil tua tahun masih banyak diminati masyarakat Indonesia, harganya yang murah menjadi alasan utama untuk meminangnya.

Usianya yang sudah lebih dari 20 tahun membuat kita sulit untuk mendapatkan kondisi yang masih prima dan bagus.

Tapi perlu diingat, membeli mobil tua memang ada beberapa kewajaran dan beberapa perbaikan kecil yang harus diterima, asalkan jangan sampai biaya perbaikannya yang terlalu besar atau sudah tidak enak dipakai lagi seperti bekas tabrak.

Sundoro Edi selaku CEO Jasa inspeksi mobil bekas PT Inspeksi Niaga Jaya mengatakan, membeli mobil bekas yang paling penting pastikan kondisi sasis atau rangka dan bodinya.

"Beli mobil tua yang paling penting pastikan sasis dan rangkanya masih lurus, juga bodinya enggak kerposo," jelas Edi saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Untuk mengindari mobil bekas tabrak, perhatikan tulang atau rangka bagian depan sampai bagian belakang, pastikan masih lurus dan tidak ada bekas-bekas perbaikan seperti adanya las-lasan dan dempulan.

Sebab mobil bekas yang sasis atau rangkanya sudah mengalami perbaikan diindikasikan mobil tersebut bekas tabrak, risikonya mobil sudah tidak enak lagi dipakai.

Begitupu pada bagian bodi, hindari mobil bekas yang sudah mulai banyak keropos, sebab biaya perbaikan bodi yang keropos bisa memakan biaya yang mahal.

Selanjutnya bagian mesin, mesin yang sudah ada suara kasar, asap knalpot ngebul dan perih di mata, menandakan mesin sudah tidak sehat.

Asap knalpot yang ngebul diindikasikan oli mesin yang ikut terbakar di ruang mesin, sedangkan suara kasar biasanya karena metal jalan yang sudah mulai aus.

Edi menyebut, biaya peremajaan mesin estimasi mulai dari Rp 5-10 juta tergantung kerusakan dan jenis mobilnya

Selain hal diatas, berikut bagian-bagian mobil yang harus anda pastikan ketika hendak membeli mobil tua agar tak memakan banyak biaya perbaikan :

1. RADIATOR

Kemudian sistem pendingin mesin alias radiator, pastikan sistem radiator masih normal, fan radiator dan ekstra fan masih bekerja dengan baik, karena penyakit mobil tua adalah sistem radiator yang sudah mulai bermasalah berisiko terjadi overheat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: