Ustadz Adi Hidayat Bagikan Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Ustadz Adi Hidayat Bagikan Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada bulan Ramadhan, ada satu malam yang sangat dinantikan oleh umat Islam, yaitu malam lailatul qadar. Lailatul qadar adalah malam di mana ayat pertama dalam Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Selain itu, umat Islam juga menyebut malam lailatul qadar sebagai malam yang penuh kemuliaan. Untuk itu, banyak di antara mereka yang menantikan kapan malam lailatul qadar terjadi.

Lalu bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar tersebut di bulan Ramadan menurut Ustaz Adi Hidayat? Berikut penjelasannya. 

Waktu persis malam Lailatul Qadar tidak diketahui dengan pasti kapan datang. Meski demikian, melalui unggahan video akun TikTok @ms.ugik, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tanda-tanda datangnya malam mulia tersebut. 

"Nabi menyampaikan beberapa isyarat didalam keterangan beliau dan disebutkan oleh para ahli hadits Imam Muslim kemudian menghimpun bab itu dan menerangkan tanda-tandanya," kata Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Urutan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Rasulullah SAW Menurut Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Kloter Pertama Jemaah Haji Berangkat 24 Mei 2023

Ciri pertama malam Lailatul Qadar yakni terjadi pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Karenanya, Nabi Muhammad mempunyai saran untuk para sahabat ketika mengejar malam Lailatul Qadar.

"Nabi menyampaikan pertama, kalau sudah sampai ke akhir-akhir ramadhan 10 hari terakhir maka kencangkan ikat pinggang tambah lagi ibadahnya," sambungnya.

Tanda-tanda lain yang dapat dirasakan oleh umat muslim adalah suasana lingkungan yang lebih tenang dan teduh seperti yang disyariatkan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Yang kedua, di hadits Muslim juga Nabi menyampaikan, aku pernah ditunjukkan oleh Allah dalam satu mimpi tentang malam al qadar hanya waktunya oleh Allah dibuat menghilang dariku tapi tanda-tandanya disebutkan," papar Ustadz Adi Hidayat.

"Pada saat itu kelihatannya hening, tenang, angin tidak terlampau kencang, kemudian hujan juga tidak terlampau deras, suasananya enak, teduh sekali," imbuh Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat pun mengungkap maksud dari hadits tersebut adalah umat muslim harus senantiasa meningkatkan ibadah di bulan ramadhan untuk bisa mendapatkan malam lailatul qadar.

BACA JUGA:Cair Langsung! Aplikasi GoNovel Dapat Saldo DANA Gratis Rp 700.000

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat Inilah Ciri Orang Celaka di Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: