Kamu Wajib Tahu! Cara Aman Ikutan Airdrop Crypto

Kamu Wajib Tahu! Cara Aman Ikutan Airdrop Crypto

Ilustrasi mata uang digital cryptocurrency-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sementara airdrop yang tidak sah bisa terlihat saat proses pengirimannya. Biasanya pihak pemegang dompet akan diminta mengirimkan Bitcoin atau pun mata uang crypto lainya dalam jumlah yang kecil.

Meski jumlahnya kecil, tindakan seperti ini masih dikategorikan sebagai penipuan. Pemegang dompet crypto wajib mewaspadai segala bentuk transfer yang tidak jelas.

Agar kamu bisa lebih waspada, berikut Kredit Pintar jelaskan jenis penipuan berkedok airdrop crypto yang kerap ditemukan oleh anggota komunitas cryptocurrency:

Private Key

Pertama adalah aktivitas scam yang memungkinkan investor dan pemilik dompet memberikan private key yang mereka miliki. Jenis scam seperti ini harus kamu hindari karena cukup berbahaya.

Biasanya ketika pengiriman airdrop dilakukan, pihak penyelenggara akan meminta public key yang dimiliki oleh penerima airdrop. Public key sendiri merupakan kunci untuk melaksanakan transaksi pengiriman crypto.

Sementara itu, private key merupakan kunci untuk menyimpan serta mengamankan informasi rahasia dompet crypto yang kamu miliki. Oleh sebab itu, jika ada penyelenggara airdrop yang meminta private key milikmu sebaiknya hindari langsung.

Karena setelah mereka mendapatkan private key milikmu, besar kemungkinan dompet crypto kamu akan diretas oleh pihak-pihak nakal.

Pencurian Data Pribadi

Jenis penipuan selanjutnya adalah pencurian data pribadi pemilik dompet crypto. Kemungkinan besar, data-data tersebut dijual kembali ke pihak ketiga. Selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk aktivitas phising.

Biasanya, informasi yang diambil adalah informasi mengenai dompet crypto, media sosial, nama pribadi, alamat email serta data penting lainnya. Cara paling ampuh agar kamu terhindar dari penipuan ini yaitu dengan mencari tahu siapa penyelenggara program airdrop tersebut.

Penyelenggara yang berniat menipu seringkali tidak mempunyai whitepaper, media sosial, atau website resmi. Jadi langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek jejak internet pihak penyelenggara di Google atau media sosial yang lain.

Kelebihan dan kekurangan airdrop crypto

Kelebihan

Di atas sudah disebutkan bahwa manfaat airdrop crypto yakni menghidupkan komunitas, menjadi sarana promosi, menambah pengguna crypto itu sendiri. Namun di luar itu ada juga beberapa manfaat lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: