Bansos PKH Tahap 1 Cair untuk 14.893 KPM di Bengkulu Utara

Bansos PKH Tahap 1 Cair untuk 14.893 KPM di Bengkulu Utara

Koordinator PKH Kabupaten Bengkulu Utara Dedi Lesmana--

BENGKULUEKSPRESS.COM – Bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan (PKH) tahap pertama untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tahun ini sudah mulai dicairkan sejak 9 Maret 2023 lalu kepada 14.893 keluarga penerima manfaat (KPM).

Namun berdasarkan dari data Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten BU, terdapat sekitar 3,73 persen atau sekitar 556 KPM lagi yang belum terekonsiliasi atau pencocokan data.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) BU Agus Sudrajat melalui Koordinator PKH Dedi Lesmana mengatakan, bahwa pihaknya saat ini masih melakukan proses rekonsiliasi atau pencocokan data transaksi penyaluran bansos PKH disetiap KPM yang tersebar di wilayah Kabupaten BU.

BACA JUGA:Bansos BPNT 2023 Cair Rp 400.000, Cek Nama Penerimanya Segera

BACA JUGA:Jelang Lebaran 2023, BLT Yatim Piatu Cair Rp 600 Ribu Bagi 196.222 Penerima

Dari hasil sementara saat ini masih berada di angka 96,27 persen atau 14.337 KPM yang telah menerima bansos PKH tahap pertama yang dialirkan melalui Bank Mandiri dan PT Pos.

“Ya, untuk penyaluran bansos PKH tahapan pertama, dari rekonsiliasi kita telah mencapai 96 persen lebih. Itu berarti masih terdapat 3,73 persen lagi yang belum tersalurkan,” ujar Dedi

Dedi menambahkan, bahwa rekonsiliasi ini dilakukan agar dapat memastikan penyaluran Bansos PKH memang benar telah diterima oleh KPM. Apalagi terkait dengan sudah atau belumnya KPM telah menerima bansos, pihaknya tidak mengetahui karena data sepenuhnya ada di pihak bank dan PT Pos selaku penyalur.

“Hal ini kita lakukan guna memastikan penyaluran bansos sesuai dan diterima oleh para KPM atau tidak. Karena kita tidak mengetahui berapa yang sudah menerima atau belum, karena semuanya berada di pihak bank dan PT Pos selaku pihak penyalur. Kita hanya mengetahui jumlah KPM-nya saja,” terangnya.

BACA JUGA:Cara Simulasi Kredit Motor Honda Langsung dari Web Resmi Honda

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap 2 Mulai Cair April 2023? Siapkan Syaratnya dan Cek Nama Penerima di sini

Dedi menerangkan, kemudian nantinya jika proses rekonsiliasi dan evaluasi penyaluran PKH telah selesai. Maka data tersebut akan langsung diteruskan ke Kemensos, agar bansos PKH tahap dua dapat segera di proses oleh pihak kementerian.

“Bila selesai baru data ini kita teruskan ke kementerian, agar penyaluran bansos PKH tahap dua segera diproses,” tukas Dedi.(127)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: