25 Titik Rest Area Jalan Tol Trans Sumatera Disiapkan untuk Mudik Lebaran 2023

25 Titik Rest Area Jalan Tol Trans Sumatera Disiapkan untuk Mudik Lebaran 2023

rest area jalan tol trans sumatera--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ini informasi penting saat melintasi Sumatera selama mudik lebaran 2023 nanti.  PT Hutama Karya (Persero) sebagai pengelola jalan tol trans sumatera telah menyiapkan rest area di jalur tol trans sumatera yang bisa digunakan termasuk saat mudik lebaran 2023 nanti.

Setidaknya ada 25 titik rest area di jalan tol trans sumatera yang terdiri dari 21 titik rest area permanen dan 4 titik rest area sementara.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, mengatakan pengoperasian rest area trans sumatera tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021.

BACA JUGA:12 Jalan Tol Trans Sumatera Siap Dilintasi Mudik Lebaran 2023, 3.132 Petugas Disiagakan

BACA JUGA:Ganteng Maksimal! RX King 2023 150 CC Semakin Tangguh dengan Teknologi Blue Core

“Rest area kami cukup nyaman yang dilengkapi dengan dengan tempat parkir yang luas, toilet yang memadai, musholla, SPBU, SPKLU, minimarket, restoran, bengkel hingga tenant UMKM,” kata Koentjoro dalam siaran pers Senin (6/3/2023). 

Rest area yang saat ini telah beroperasi di Jalan Tol Trans Sumatera tediri dari 12 rest area di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan 9 rest area di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung. 

Sementara untuk Ruas Pekanbaru – Dumai baru disediakan rest area temporary dikarenakan untuk lahan rest area permanen sebelumnya mengalami keterlambatan pembebasan lahan. 

Saat ini baru terdapat 4 rest area yang berlokasi di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, KM 82 Jalur A & B yang fasilitasnya tidak kalah dengan rest area permanent yaitu meliputi SPBU, tenant UMKM, minimarket, musholla, dan lainnya. 

Adapun kapasitas rest area dapat menampung sebanyak total 1.211 tenant, sedangkan 739 tenant masih tersedia untuk disewakan dan sudah terisi sebanyak 472 tenant yang telah mengakomodir 80 persen tenant khusus UMKM. 

BACA JUGA:Cek Tarif Tol Bakauheni Palembang untuk Mudik Lebaran 2023

BACA JUGA:Cuma Registrasi Nomor HP Dapat Saldo DANA Gratis Rp 100.000

Meskipun pengendara sudah memiliki kartu yang berisi saldo uang elektronik pada kartu e-Toll saat perjalanan di jalan tol, ada-ada saja kendala yang dihadapkan yakni salah satunya adalah saldo uang elektronik (e-Toll) tidak cukup atau habis saat ingin melakukan tapping pembayaran di gerbang tol. 

Terkait masalah itu, pengendara diharapkan tidak perlu panik ataupun kebingungan. Melansir berita di laman BPJT, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: