Daftar Aktivitas Ngabuburit Berpahala yang Menyenangkan Selama Bulan Ramadhan!

Daftar Aktivitas Ngabuburit Berpahala yang Menyenangkan Selama Bulan Ramadhan!

Selama bulan ramadhan perlu diisi dengan kegiatan yang mendapatkan pahala--Foto Istimewa

BENGKULUESKPRESS.COM -  Dalam menjalankan ibadah puasa, rasanya terdapat waktu kosong yang lebih lama pada hari tersebut daripada hari-hari biasanya. Karena itu, akhirnya banyak yang mencari berbagai aktivitas ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan. Pasalnya, mengisi waktu luang selama berpuasa dengan kegiatan yang bermanfaat apalagi hingga mengundang pahala akan membuat puasa terasa lebih bermakna.

Ngabuburit juga membuat seseorang terhindar dari melamun hingga tergoda untuk membatalkan puasa. Jadi, apa saja kegiatan mengisi waktu luang saat puasa yang tidak membuat bosan sekaligus dapat mendatangkan pahala? Simak jawabannya dalam rangkuman rekomendasi berikut!

Apa Itu Ngabuburit?

Ngabuburit adalah kegiatan mengisi waktu menjelang adzan maghrib atau waktu berbuka puasa tiba. Kegiatan ini menjadi salah satu tradisi di masyarakat Indonesia yang dilakukan dengan berjalan-jalan mencari takjil, bermain, datang ke tempat ceramah, membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Kata ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda ‘burit’ yang memiliki arti senja, sore, atau menjelang waktu Maghrib. Sementara itu, Ngabuburit dalam bahasa Minang lebih dikenal dengan istilah malengah puaso yang memiliki arti mengalihkan rasa lapar dan juga haus saat berpuasa.

Dan masih banyak istilah lain lagi yang sama dengan Ngabuburit, seperti basambang dalam bahasa Banjar yang berarti berjalan-jalan pada waktu menjelang Maghrib. Sementara dalam bahasa Madura istilah ini lebih dikenal dengan nyare malem yang berarti mencari waktu malam.

Sementara itu, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menjelang maghrib, namun yang paling dianjurkan adalah melakukan aktivitas ngabuburit berpahala.

Karena selain bisa mengisi waktu luang, hal tersebut juga dapat bernilai ibadah. Salah satu kegiatan ngabuburit yang bermanfaat sekaligus berpahala adalah membagikan takjil kepada berbagai muslim yang berpuasa lainnya. Menyiapkan masakan untuk hidangan berbuka keluarga juga bisa menjadi salah satu aktivitas ngabuburit yang berpahala.

Selain hal-hal di atas, simak berbagai contoh aktivitas ngabuburit yang bermanfaat dan berpahala bisa disimak pada poin-poin di bawah ini:

1.Membagikan Takjil

Salah satu aktivitas ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan bisa diwujudkan dengan berbagi takjil gratis. Pasalnya, pada bulan suci ini tentu banyak sekali orang muslim lainnya yang juga melaksanakan ibadah puasa. Membagikan takjil gratis tidak harus berupa makanan atau minuman ringan yang mahal. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan rejeki yang dimiliki.

Takjil sendiri merupakan kudapan yang biasanya dimakan sebagai pelengkap hidangan utama berbuka puasa. Takjil dapat berupa kolak ketela, kolak pisang, es campur, pisang coklat, bakwan, gorengan, dan lain sebagainya. Kegiatan yang dimulai dari menyiapkan takjil, membungkusnya satu persatu, hingga membagikannya pada saudara muslim lainnya termasuk dalam aktivitas yang bermanfaat dan berpahala. Selain bisa membuat banyak saudara muslim lainnya merasa senang mendapatkan takjil gratis, hal ini juga bisa membantu jika semisal di antara mereka ada yang belum memiliki rejeki untuk makanan berbuka.

 2. Mengikuti Majelis Taklim

Selanjutnya, para kaum muslim juga bisa mengisi waktu menjelang adzan maghrib atau waktu berbuka dengan cara mengikuti majlis taklim yang ada. Majlis taklim sendiri merupakan salah satu lembaga dakwah yang bisa diikuti oleh siapapun tanpa memandang usia, ras, dan juga jenis kelamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: