Begini Cara Jitu Mengatasi Penipuan Kode OTP di HPmu!

Begini Cara Jitu Mengatasi Penipuan Kode OTP di HPmu!

Keamanan OTP perlu diperhatikan oleh pemilik HP agar tidak terjadi penipuan--Foto Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Digitalisasi sektor keuangan memberikan banyak kemudahan. Salah satu yang paling berdampak pada kehidupan adalah dompet digital. Kini, bertransaksi jadi lebih mudah dan cepat. Kita bisa bertransaksi secara contactless karena dompet digital meminimalkan pertukaran uang dan bersentuhan dengan tangan. Meski sudah berhati-hati dalam penggunaannya, masih ada saja kejahatan siber dan jenis kejahatan lain yang mengintai kita.

Pernahkah Anda mendapatkan SMS atau pesan WhatsApp berisi kode OTP yang harus dimasukkan pada aplikasi tertentu? Padahal, Anda merasa tidak sedang melakukan login pada aplikasi tersebut. Jika pernah mengalaminya, bisa jadi saat itu ada seseorang yang sedang berusaha untuk membobol masuk ke akun digital Anda lewat nomor telepon yang Anda gunakan. Abaikan saja, ya! Dan jangan lupa untuk segera segera mengganti password akun aplikasi yang hendak dibobol tersebut. Sebenarnya, apa fungsi kode OTP dan bagaimana cara mengatasi penipuan kode OTP

Ingat, kode OTP jangan pernah diberikan kepada pihak lain, sebab bocornya kode OTP bisa digunakan untuk membajak akun transaksi online atau membajak akun komunikasi milik Anda.  

BACA JUGA:Oppo Luncurkan Produk Baru, Smartphone AX1 Signal 5G Dengan Super Lengkap

BACA JUGA:Samsung Galaxy S23 Ultra, Hp dengan Fitur Sketsa dan Note yang Ramah Lingkungan

Menilik Fungsi Kode OTP

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi penipuan kode OTP, sebaiknya pahami dulu apa fungsi dari kode OTP. Fungsi dasar dari kode OTP adalah sebagai bentuk pengamanan dan identifikasi pengguna aplikasi ketika mereka melakukan proses registrasi akun atau sebagainya. Oleh karena itu, kode OTP biasanya digunakan sebagai salah satu syarat pada aplikasi akun bank, e-commerce, media sosial, pinjaman online, dan juga e-payment, serta sistem pembayaran kartu debit bank.

Dari segi bisnis atau perusahaan, fungsi OTP adalah menjaga privacy perusahaan Anda dalam melakukan transaksi, karena memiliki waktu dan kode yang cukup acak. Sehingga pihak-pihak yang mungkin berniat jahat memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk menyalahgunakan akun Anda. Tujuannya adalah untuk mengamankan rekening bisnis Anda, apabila ada seseorang yang akan menyalahgunakan atau menarik rekening Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Cara Mengatasi Penipuan Kode OTP

Adapun beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi penipuan kode OTP adalah sebagai berikut:

1. Abaikan SMS dari Nomor Tidak Dikenal

Pastikan Anda mengecek benar-benar setiap ada SMS dari nomor baru yang menanyakan soal kode OTP. Bisanya, SMS akan berisi iming-iming hadiah yang besar agar Anda tergiur dan mengikuti instruksi yang dilakukan. Cek, apakah nomor tersebut official dari aplikasi atau kartu kredit yang Anda gunakan, mengingat secara umum nomor official tidak menggunakan nomor pribadi. Dan jika Anda tidak tahu atau hafal soal nomor penipu atau official, silakan simak tips selanjutnya dibawah ini.

2. Abaikan SMS Jika Anda Tidak Melakukan Transaksi

Mengingat kode OTP bersifat on time, maka kode hanya akan dikirim ketika Anda melakukan transaksi saat itu juga, dan kadang kode OTP ini hanya berbatas waktu beberapa menit saja. Untuk itu, ketika Anda merasa tidak sedang melakukan pembelian atau menggunakan akun, tapi ada SMS kode OTP meskipun itu dari nomor center resmi, sebaiknya abaikan saja. Sebab, bisa saja ada orang yang sedang berusaha menggunakan akun atau kartu kredit Anda untuk bertransaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: