Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Timnas Garuda Muda Resmi Dibubarkan

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Timnas Garuda Muda Resmi Dibubarkan

Timnas Indonesia U-20 resmi dibubarkan pada Sabtu (1/4), setelah Indonesia batal menggelar Piala Dunia U-20 2023.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Timnas Indonesia U-20 resmi dibubarkan pada Sabtu (1/4/2023), setelah Indonesia batal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Kepastian itu disampaikan Shin Tae Yong dalam sesi latihan bersama Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Indonesia U-22 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (1/4) sore.

"Setelah ini akan dibubarkan para pemain (Timnas Indonesia U-20) dan semua (pihak di tim) yang mempersiapkan Piala Dunia U-20 kemarin," kata Shin Tae Yong.

Padahal Timnas Indonesia U-20 sudah menjalani pemusatan latihan sejak awal Maret di Jakarta. Program ini merupakan proses pemantapan jelang berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

BACA JUGA:Tangis Pemain Timnas U-20 Indonesia Pecah Usai FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Dihapusnya status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 otomatis tak ada tempat bagi skuad Garuda Nusantara untuk tampil di ajang dua tahunan tersebut.

FIFA menyatakan tuan rumah baru akan segera ditentukan. Sejauh ini baru Argentina yang menyampaikan proposal resmi sebagai pengganti tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Keputusan pahit pun harus dilakukan. PSSI secara resmi menghentikan pemusatan latihan dan program Timnas Indonesia U-20 pada Sabtu (1/4/2023).

Acara pembubaran Timnas Indonesia U-20 ini turut dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Beliau sempat melakukan pembicaraan khusus dengan Shin Tae-yong.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sampaikan Rasa Kecewa dan Sedih, Usai FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

“Pak Presiden (Joko Widodo) tadi bicara beliau selalu nonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik,” tambahnya.

Setelah ini, para pemain Timnas Indonesia U-20 akan dikembalikan ke klub masing-masing. Jokowi dan pemerintah berjanji memberikan bantuan kepada mereka berupa beasiswa pendidikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: timnas u-20 dibubarkan