Jika Tengah Malam Terang Benderang Seperti Siang, Mungkin Anda Berhasil Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Jika Tengah Malam Terang Benderang Seperti Siang, Mungkin Anda Berhasil Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

ilustrasi malam lailatul qadar-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Malam Lailatul Qadar merupakan momen yang ditunggu-tunggu umat muslim ketika bulan Ramadan. Pasalnya, beribadah pada malam tersebut dianggap lebih baik daripada 1000 bulan atau sekitar 83 tahun.

Pada malam inilah, Alquran diturunkan ke Bumi, sebagaimana tercantum dalam Surat Al Qadr ayat 1-3:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."

Saat malam Lailatul Qadar, Allah akan mengampuni dosa-dosa dan mengabulkan berbagai permintaan dari para hamba-Nya. Bahkan, para malaikat juga turun ke Bumi untuk menyaksikan umat yang senantiasa taat beribadah dan mengamini doa-doanya.

Untuk meraih keutamaan dan manfaat dari malam yang jatuh pada tanggal 27 Ramadan atau 10 hari terakhir puasa ini, umat muslim berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah dan senantiasa memanjatkan doa. Bagi umat muslim yang berhasil meraih malam tersebut akan melihat beberapa tanda-tanda.

BACA JUGA:Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar dan Keutamaannya, Malam Kemuliaan Lebih Baik dari 1000 Bulan

Mengutip dari laman brilio.net Inilah tanda-tanda terjadinya malam Lailatul Qadar:

1. Udara terasa sejuk.

Pada malam Lailatul Qadar, udara tidak akan terasa panas atau dingin, melainkan terasa sejuk.

Rasulullah pun bersabda: "Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah" (Hadist Hasan).

2. Suasana tenang dan tidak ada hujan.

Selain udara yang sejuk, malam Lailatul Qadar juga terasa tenang karena tidak ada awan, hujan, maupun bintang yang dilemparkan para malaikat bagi setan.

Sebagaimana sabda Rasulullah: "Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)." (HR at-Thabrani)

BACA JUGA:Memaknai Lailatul Qadar dalam Konteks Kekinian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: