Amalkan Zikir Ini untuk Mengatasi Gelisah dan Cemas Berlebihan, Kajian Ustadz Adi Hidayat

Amalkan Zikir Ini untuk Mengatasi Gelisah dan Cemas Berlebihan, Kajian Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kadang kita sering merasa cemas dan gelisah dalam hidup dan tidak bisa merasakan ketenangan. Apalagi kehidupan yang dijalankan tak selalu berjalan dengan mulus dan sesuai harapan. Saat menjalani ujian dan cobaan pun seringkali mendatangkan gelisah hingga menimbulkan pikiran yang kacau. 

Nah, tahukah kamu ada amalan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas dan gelisah yang berlebihan? Ustadz Adi Hidayat mengajarkan amalan dalam Islam untuk bisa mengatasi kecemasan dan kegelisahan berlebih.

Dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat, dikutip dalam video channel youtube official Adi Hidayat Official, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan senantiasa berzikir kepada Allah.

BACA JUGA:Tidurnya Orang Puasa di Bulan Ramadan adalah Ibadah? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Hukum Membawa HP yang Terinstal Alquran ke dalam WC, Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

"Bagaimana cara menenangkan hati sehingga pikiran ikut tenang, ini langsung dari Allah. Kata Allah, yakinkan pada dirimu, fokus. Jadi kalau ingin tenang ada yang divonis cemas berlebihan anxiety pertama kata Quran mesti yakin dulu nih lawan itu yakinkan pada diri dengan banyak meningkatkan zikir kepada Allah dampaknya kehati memberikan ketenangan," kata Ustadz Adi Hidayat.

Quran surah ke 51 ayat 49 yang artinya, segala hal itu aku ciptakan kata Allah berpasangan Supaya engkau sadar cuma aku yang tidak punya pasangan.

Sehat lawannya sakit, senang lawannya sedih, gelisah lawannya tenang. Maka kalau ada kegelisahan kecemasan berlebihan Apa yang disebut dengan ansity ini maka cari lawannya.

Lawannya yakni tenang, lalu amalan apa yang banyak memberikan ketenangan itu terapinya.

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Sunnah Lainnya Setelah Sholat Witir? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Begini Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah Menurut Ustadz Adi Hidayat

UAH menjelaskan dalam Al-Quran ayat-ayat dan amalan yang membantu menghadirkan ketenangan:

  1. Quran surah 13 ayat 28 amalannya
  2. Quran surah ke-20 ayat 14
  3. Quran surah ke-4 ayat 103
  4. Quran surah ke-15 ayat 9
  5. Quran surah ke 54 ayat ke-17 22 32 40

"Amalan dzikrullah ada 4, satu, Quran surah ke 4 ayat 103, maka jika engkau telah tuntas mengerjakan shalat berdzikirlah kepada Allah. Kalau sedang gelisah bacakan cepat tapi harus yakin karena kalimat Qurannya mesti yakin sambil ingat Allah kalau itu belum tuntas, ambil wudhu," sambungnya kembali.

Namun, bila usai berzikir dan wudhu kegelisahan masih belum hilang, Ustaz Adi Hidayat menyarankan untuk membaca Alquran atau melaksanakan sholat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: