Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa, Begini Caranya

Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa, Begini Caranya

Ilustrasi bau mulut-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bau mulut mengurangi rasa percaya diri seseorang. Bau mulut atau halitosis merupakan istilah yang menunjukan kondisi seseorang ketika bernafas mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulutnya. 

Bisa saja bau mulut tidak tercium orang diri sendiri, tapi yang pasti lawan bicara Anda akan merasa tidak nyaman ketika berada di dekat Anda. 

Penyebab dari kondisi bau mulut sebagian besar tidak dimulai dari mulut Anda. Namun, sebagian besar bau mulut banyak disebabkan oleh faktor eksternal, seperti makanan atau kebiasaan yang kurang sehat. 

Beberapa penyebab bau mulut seseorang antara lain faktor makanan, produk tembakau, kebersihan gigi yang buruk, mulut kering, obat-obatan, infeksi mulut dan faktor lainnya. 

BACA JUGA:Bolehkah Gosok Gigi di Siang Hari Saat Puasa? Apa Hukumnya?

BACA JUGA:Menelan Ludah Bisa Membatalkan Puasa, Kok Bisa? Simak Penjelasannya!

Disamping memberikan berbagai manfaat, puasa Ramadan dapat meningkatkan bau mulut. Kondisi tersebut juga dikenal sebagai halitosis. 

Bau mulut terjadi akibat berkurangnya produksi air liur. Sehingga mulut menjadi lebih kering dan menjadi sarang bakteri. 

Untuk mencegah kadar bau mulut selama menjalankan berpuasa Ramadan, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Mengutip Dr Michael's, sikatlah gigi setelah berbuka dan sahur. Sikat selama 2-3 menit dengan pasta gigi berfluoride untuk mencegah penumpukan plak. Menyikat gigi membantu menghilangkan partikel makanan dan bakteri penyebab bau mulut.

BACA JUGA:Ahli Gizi: Berat Badan Maksimal Turun 4 Kg Saja di Bulan Puasa

BACA JUGA:Usir Bau Mulut Selama Puasa Dengan 5 Cara ini

2. Gunakan Alat Bantu Interdental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: