Ada Dana Rp 200 Juta untuk Setiap Kelurahan di Rejang Lebong, Apa Kegunaannya?

Ada Dana Rp 200 Juta untuk Setiap Kelurahan di Rejang Lebong, Apa Kegunaannya?

Bobby Harpa Santana, SSTP MSi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Untuk melaksanakan kegiatan pembangunan khususnya untuk peningkatan ekonomi keluarga. Tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 200 juta.

"Tahun ini setiap kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong akan diberikan anggaran sebesar Rp 200 juta," terang Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana, SSTP MSi.

Anggaran Rp 200 juta untuk kelurahan tersebut, dikatakan Bobby, berasal dari anggaran DAU Kelurahan. Dimana dari anggaran Rp 200 juta tersebut, Rp 100 juta akan digunakan untuk menunjang program prioritas sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yaitu untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberdayakan UMKM, kelompok masyarakat maupun untuk kelembagaan yang ada di masyarakat.

"Sedangkan untuk Rp 100 juta lagi digunakan berdasarkan hasil musyawarah pembangunan di tingkat kelurahan apakah nanti digunakan untuk menunjang Rp 100 juta lainnya atau untuk kegiatan lain tergantung keputusannya," papar Bobby.

BACA JUGA:Lelaki Ini Coba Perkosa Tetangga, Aksinya Gagal Setelah Digigit Korban

BACA JUGA:Oknum Anggota Polres Rejang Lebong Dipecat, Kesalahannya Tak Bisa Dimaafkan

Terkait dengan penggunaan anggaran tersebut, Bobby mengaku sudah mereka sosialisasikan bersama BPKD Kabupaten Rejang Lebong terhadap 34 kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dari musyawarah tersebut, para lurah sudah memahami terkait dengan teknis penggunaan anggaran untuk program prioritas sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong atau anggaran BKK sebesar Rp 100 juta setiap desa dan kelurahan yang mulai digulirka tahun 2022 lalu.

"Permasalah tahun lalu sudah kita kaji, salah satunya meka belum mengetahui pasti mekanisme penggunaannya, namun setelah kita sosialisasikan mereka sudah memahaminya," ungkap Bobby.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan, pada tahun 2022 lalu dari 34 kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, hanya ada 12 kelurahan yang mencairkan anggaran sebesar Rp 100 juta setiap kelurahannya. Pihaknya menargetkan tahun ini seluruh kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong akan mencairkan anggaran tersebut.

"Tahun ini kita optimis seluruh kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong bisa mencairkan anggaran untuk program prioritas tersebut," demikian Bobby.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: