Sukses Dukung Program JKN-KIS, Pemkab Mukomuko Terima UHC Awards

Sukses Dukung Program JKN-KIS, Pemkab Mukomuko Terima UHC Awards

Bupati Mukomuko, H Sapuan menerima penghargaan UHC tahun 2023-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemkab Mukomuko diawakili Bupati Mukomuko, H Sapuan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan (UHC ) diberikan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi dan diterima langsung oleh Bupati Mukomuko bersama 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia di ajang bergengsi Nasional yang digelar di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Bupati Mukomuko, Sapuan mengatakan, penghargaan UHC Awards ini merupakan penghargaan wujud nyata atas komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Mukomuko.

Ini juga bentuk keseriusan pemerintah daerah agar masyarakat memiliki jaminan kesehatan.

BACA JUGA:Wapres Berikan Penghargaan Pemda Berstatus UHC, Provinsi Bengkulu Capaian Tertinggi se-Indonesia

BACA JUGA:Kota Pertama Capai Target UHC di Provinsi Bengkulu

"Alhamdulillah kita sangat bersyukur Kabupaten Mukomuko meraih penghargaan UHC Awards 2023," kata Sapuan bangga.

Sapuan menambahkan, sebanyak 98,67 persen masyarakat di Kabupaten Mukomuko telah terdaftar di BPJS Kesehatan, dan capaian ini melebihi target nasional yang telah di tetapkan.

"Untuk Kabupaten Mukomuko capaiannya sudah melebihi target yang telah ditetapkan  oleh pemerintah pusat. Kalau target pemerintah pusat di tahun 2024 itu  targetnya 98 persen, untuk Kabupaten Mukomuko per 1 Maret 2023 ini sudah 98,67 persen masyarakat sudah memiliki jaminan sosial atau kesehatan," pungkasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Mukomuko, Elva Elinda mengatakan, penghargaan UHC ini diberikan kepada Pemda yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan penduduknya dalam Segmen PBPU Pemda.

BACA JUGA:Pemkab Rejang Lebong Komitmen Sukseskan Program UHC

Khusu Mukomuko hingga saat ini sudah 98 persen lebih masyarakatnya telah terdaftar di BPJS Kesehatan.

"Ya Kabupaten Mukomuko menerima penghargaan UHC Awards 2023. Dan Alhamdulilah juga sebanyak 98,60 persen masyarakat di daerah ini sudah terdaftar peserta BPJS Kesehatan," demikian Elva. (end) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: